Wednesday 3 October 2018

KISI-KISI PAS MATEMATIKA KELAS 8 SMP/MTS TERBARU


KISI – KISI  PENILAIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019


Satuan Pendidikan                : MTs                                                                                                                      Alokasi  Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran      : Matemátika.                                                                                                           Jumlah  Soal              : 35 butir (bentuk soal 30 PG dan 5 Uraian)
Kelas/Semester     : VIII (delapan)/ganjil                                                                                              Bentuk  Tes               : Tertulis
Kurikulum                            : 2013 edisi revisi                                                                                                                                                                   

 

Kompetensi Inti


Kompetensi Dasar

 

Materi Pokok

 

I  n  d  i  k  a  t  o  r

Bentuk Soal
No Soal

3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
Pola bilangan
Peserta dapat didik menentukan tiga suku berikutnya dari suatu barisan bilangan aritmetika
PG
1



Diberikan pola barisan bilangan yang dibentuk dari susunan bola. Peserta didik dapat menentukan banyak bola pada suku ke-n 
PG
2



Peserta didik dapat menentukan suku ke-n dari barisan bilangan yang diberikan.
PG
3


Pola konfigurasi objek
Diberian tiga buah pola konfigurasi objek. Peserta didik dapat menentukan pola konfigurasi berikutnya
PG
4



peserta didik dapat menyelesaiakan soal cerita yang terkait pola konfigurasi objek yang diberikan
PG
5



Diberikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan. Peserta didik dapat meneyelesaikan masalah tersebut
Uraian
31



Peserta didik dapat menentukan empat suku pertama dari rumus suku ke-n suatu barisan bilangan.
PG
6

3.2  Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Cartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Bidang Cartesius

Peserta didik dapat menentukan koordinat titik P, jika diketahui jarak titik P terhadap sumbu X dan terhadap sumbu Y.
PG
7


Koordinat suatu titik pada koordinat Cartesius
Peserta didik dapat menentukan titik yang berada pada kuadran II dari beberapa koordinat titik yang diketahui.
PG
8



Diberikan 2 buah titik koordinat suatu bangun persegi. Peserta didik dapat menentukan dua titik koordinat lainnya yang terletak di atas sumbu x.
PG
9


Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat Cartesius
Peserta didik dapat menentukan posisi  titik A(a,b) terhadap titik B(c,d), jika koordina A dan B diberikan.
PG
10



Diberikan sebuah titik A(a,b), Peserta didik dapat menentukan  titik lain yang mempunyai jarak tertentu ke arah kiri dari titik A.
PG
11



Diberikan koordinat titik A(a,b), B(c,d), dan C(e,f). Peserta didik dapat menentukan titik D sehingga ABCD membentuk sebuah jajargenjang
PG
12



Peserta didik dapat menentukan beberapa titik yang mempunyai jarak tertentu terhadap sumbu X dan Sumbu Y.
Uraian
32

3.3  Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi(kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
Relasi
Diberikan sebuah pasangan berurutan  mengenai relasi dua himpunan. Peserta didik dapat menentukan relasi yang mungkin dari pasangan berurutan tersebut.
PG
13


Fungsi atau pemetaan
Peserta didik dapat mengidentifikasi himpunan yang merupakan pemetaan dari diagram panah yang diberikan.
PG
14


Ciri-ciri relasi dan fungsi
Peserta didik dapat mengidentifikasi relasi yang merupakan fungsi dari beberapa pasangan berurutan relasi dua himpunan.
PG
15


Rumus Fungsi
Peserta didik dapat  menentukan nilai f(a) dari rumus f(x) = ax+b.
uraian
33


Grafik fungsi
Diberikan rumus fungsi f(x)=ax+b dan daerah asalnya. Peserta didik dapat menentukan grafik dari rumus fungsi tersebut
PG
16



Diberikan rumus fungsi f(x) = ax + b dan nilai dari f(c). Peserta didik dapat menentukan nilai dari c
PG
17


Korespondensi satu-satu
Peserta didik dapat menentukan banyaknya korespodensi satu satu, jika banyaknya anggota himpunan diketahui.
PG
18



Peserta didik dapat menentukan beberapa himpunan pasangan berutan dari korespondensi dengan n(A) = n(B) = 3, yang diberikan
Uraian
19

3.4  Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Kemiringan/gradien
Peserta didik dapat menentukan kemiringan/gradien garis dari  persamaan garis dalam bentuk ax + by + c = 0
PG
20



Peserta didik dapat menentukan kemiringan/gradien garis yang melalui dua buah titik yang diketuhui.
PG
21


Persamaan garis lurus
Peserta didik dapat menentukan persamaan garis  yang melalui sebuah titik dan kemiringannya tertentu 
PG
22



Diberikan persamaan garis lurus g adalah y = mx+c , garis g sejajar garis l. Peserta didik dapat menentukan kemiringan garis l.
PG
23


Titik potong garis
Peserta didik dapat menentukan titik potong dari dua buah garis lurus yang diberikan bentuk persamaannya
PG
24


Kedudukan dua garis
Diberikan persamaan garis g dan garis h. Peserta didik dapat menentukan kedudukan garis h terhadap garis g.
PG
25



Peserta didik dapat menentukan persamaan garis h yang melalui titik Q(a, b), jika diberikan persamaan garis g adalah y = mx+c, sejajar garis h tersebut.
Uraian
34

3.5  Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Penyelesaian persamaan linear dua variabel dengan menggambar grafik
Peserta didik dapat menentukan penyelesaian persamaan linear dua variabel.
PG
26



Peserta didik dapat menentukan grafik selesaian SPLDV
PG
27


Model dan sistem persamaan linear dua variabel
Diberikan sebuah masalah yang berkaitan dengan SPLDV. Peserta didik membuat model matematika  dari masalah tersebut
PG
28



Peserta didik menentukan SPLDV  dari beberapa persamaan yang diberikan.
PG
29



Diberikan sebuah masalah yang berkaitan dengan SPLDV. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian  dari masalah tersebut
PG
30



Peserta didik dapat menentukan penyelesaian masalah dalam kehidupan nyata yang terkait dengan SPLDV.
Uraian
35


No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...