KISI – KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
Satuan Pendidikan :
MTs Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran :
Matemátika. Jumlah Soal : 35 butir (bentuk soal 30 PG dan 5 Uraian)
Kelas/Semester :
VIII (delapan)/ganjil Bentuk Tes : Tertulis
Kurikulum :
2013 edisi revisi
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
I n
d i k
a t o r
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan
bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
Pola
bilangan
|
Peserta
dapat didik menentukan tiga suku berikutnya dari suatu barisan bilangan
aritmetika
|
PG
|
1
|
|
|
|
Diberikan
pola barisan bilangan yang dibentuk dari susunan bola. Peserta didik dapat
menentukan banyak bola pada suku ke-n
|
PG
|
2
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan suku ke-n dari barisan bilangan yang diberikan.
|
PG
|
3
|
|
|
Pola
konfigurasi objek
|
Diberian
tiga buah pola konfigurasi objek. Peserta didik dapat menentukan pola
konfigurasi berikutnya
|
PG
|
4
|
|
|
|
peserta
didik dapat menyelesaiakan soal cerita yang terkait pola konfigurasi objek yang
diberikan
|
PG
|
5
|
|
|
|
Diberikan
masalah berkaitan dengan barisan bilangan. Peserta didik dapat meneyelesaikan
masalah tersebut
|
Uraian
|
31
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan empat suku pertama dari rumus suku ke-n suatu barisan
bilangan.
|
PG
|
6
|
|
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Cartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
Bidang
Cartesius
|
Peserta
didik dapat menentukan koordinat titik P, jika diketahui jarak titik P
terhadap sumbu X dan terhadap sumbu Y.
|
PG
|
7
|
|
|
Koordinat
suatu titik pada koordinat Cartesius
|
Peserta
didik dapat menentukan titik yang berada pada kuadran II dari beberapa
koordinat titik yang diketahui.
|
PG
|
8
|
|
|
|
Diberikan
2 buah titik koordinat suatu bangun persegi. Peserta didik dapat menentukan dua
titik koordinat lainnya yang terletak di atas sumbu x.
|
PG
|
9
|
|
|
Posisi
titik terhadap titik lain pada koordinat Cartesius
|
Peserta
didik dapat menentukan posisi titik
A(a,b) terhadap titik B(c,d), jika koordina A dan B diberikan.
|
PG
|
10
|
|
|
|
Diberikan
sebuah titik A(a,b), Peserta didik dapat menentukan titik lain yang mempunyai jarak tertentu ke
arah kiri dari titik A.
|
PG
|
11
|
|
|
|
Diberikan
koordinat titik A(a,b), B(c,d), dan C(e,f). Peserta didik dapat menentukan
titik D sehingga ABCD membentuk sebuah jajargenjang
|
PG
|
12
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan beberapa titik yang mempunyai jarak tertentu terhadap
sumbu X dan Sumbu Y.
|
Uraian
|
32
|
|
3.3 Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan
fungsi dengan menggunakan berbagai representasi(kata-kata, tabel, grafik,
diagram, dan persamaan)
|
Relasi
|
Diberikan
sebuah pasangan berurutan mengenai
relasi dua himpunan. Peserta didik dapat menentukan relasi yang mungkin dari
pasangan berurutan tersebut.
|
PG
|
13
|
|
|
Fungsi
atau pemetaan
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi himpunan yang merupakan pemetaan dari diagram
panah yang diberikan.
|
PG
|
14
|
|
|
Ciri-ciri
relasi dan fungsi
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi relasi yang merupakan fungsi dari beberapa pasangan
berurutan relasi dua himpunan.
|
PG
|
15
|
|
|
Rumus Fungsi
|
Peserta
didik dapat menentukan nilai f(a) dari
rumus f(x) = ax+b.
|
uraian
|
33
|
|
|
Grafik
fungsi
|
Diberikan
rumus fungsi f(x)=ax+b dan daerah asalnya. Peserta didik dapat menentukan
grafik dari rumus fungsi tersebut
|
PG
|
16
|
|
|
|
Diberikan
rumus fungsi f(x) = ax + b dan nilai dari f(c). Peserta didik dapat
menentukan nilai dari c
|
PG
|
17
|
|
|
Korespondensi
satu-satu
|
Peserta didik dapat menentukan banyaknya korespodensi satu
satu, jika banyaknya anggota himpunan diketahui.
|
PG
|
18
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan beberapa himpunan pasangan
berutan dari korespondensi dengan n(A) = n(B) = 3, yang diberikan
|
Uraian
|
19
|
|
3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai
persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
|
Kemiringan/gradien
|
Peserta
didik dapat menentukan kemiringan/gradien garis dari persamaan garis dalam bentuk ax + by + c =
0
|
PG
|
20
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan kemiringan/gradien garis yang melalui dua buah titik
yang diketuhui.
|
PG
|
21
|
|
|
Persamaan
garis lurus
|
Peserta
didik dapat menentukan persamaan garis
yang melalui sebuah titik dan kemiringannya tertentu
|
PG
|
22
|
|
|
|
Diberikan
persamaan garis lurus g adalah y = mx+c , garis g sejajar garis l. Peserta
didik dapat menentukan kemiringan garis l.
|
PG
|
23
|
|
|
Titik
potong garis
|
Peserta
didik dapat menentukan titik potong dari dua buah garis lurus yang diberikan
bentuk persamaannya
|
PG
|
24
|
|
|
Kedudukan
dua garis
|
Diberikan
persamaan garis g dan garis h. Peserta didik dapat menentukan kedudukan garis
h terhadap garis g.
|
PG
|
25
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan persamaan garis h yang melalui titik Q(a,
b), jika diberikan persamaan garis g adalah y = mx+c, sejajar garis h tersebut.
|
Uraian
|
34
|
|
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua
variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
Penyelesaian
persamaan linear dua variabel dengan menggambar grafik
|
Peserta
didik dapat menentukan penyelesaian persamaan linear dua variabel.
|
PG
|
26
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan grafik selesaian SPLDV
|
PG
|
27
|
|
|
Model
dan sistem persamaan linear dua variabel
|
Diberikan
sebuah masalah yang berkaitan dengan SPLDV. Peserta didik membuat model
matematika dari masalah tersebut
|
PG
|
28
|
|
|
|
Peserta
didik menentukan SPLDV dari beberapa
persamaan yang diberikan.
|
PG
|
29
|
|
|
|
Diberikan
sebuah masalah yang berkaitan dengan SPLDV. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian dari masalah tersebut
|
PG
|
30
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan penyelesaian masalah dalam kehidupan nyata yang
terkait dengan SPLDV.
|
Uraian
|
35
|
No comments:
Post a Comment