KISI – KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
Satuan Pendidikan :
MTs Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran :
Matemátika. Jumlah Soal : 35 butir (bentuk soal 30 PG dan 5 Uraian)
Kelas/Semester :
7 (Tujuh)/ganjil Bentuk Tes : Tertulis
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
3.1 Menjelaskan
dan menen-tukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
|
Membandingkan
bilangan bulat
|
Diberikan beberapa bilangan bulat, siswa dapat
mengurutan bilangan bulat berdasarkan urutan tertentu
|
PG
|
1
|
|
|
Membandingkan
bilangan pecahan
|
Diberikan beberapa macam bilangan pecahan, siswa
dapat mengurutan bilangan pecahan berdasarkan urutan tertentu
|
PG
|
2
|
|
|
|
Siswa dapat mengubah bilangan pecahan ke bentuk
lainnya
|
PG
|
3
|
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
|
Disajikan
operasi hitung penjumlahan dengan garis bilangan dari bilangan bulat. Peserta
didik dapat menunjukkan operasi yang sesuai dengan operasi tersebut.
|
PG
|
4
|
|
|
|
Diberikan
soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan bulat, peserta didik
dapat menentukan hasil dari operasi tersebut.
|
PG
|
5
|
|
|
Perkalian
dan pembagian bilangan bulat
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil dari operasi hitung gabungan penjumlaan, pengurangan, dan
perkalian bilangan bulat
|
PG
|
6
|
|
|
Penjumlahan
dan Pengurangan bilangan pecahan
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil pengurangan dari dua buah bilangan pecahan yang
diberikan
|
PG
|
7
|
|
|
Penjumlahan
dan pembagian bilangan pecahan
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan penjumlahan dan pembagian
bilangan pecahan.
|
PG
|
8
|
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
|
Mengenal
Bilangan Bulat Berpangkat Positif
|
Peserta didik dapat menentukan nilai
bilangan berpangkat bulat positif
|
PG
|
9
|
|
|
|
Diberikan beberapa bilangan bulat berpangkat
positif, peserta didik dapat mengurutkan dengan aturan urutan tertentu
|
PG
|
10
|
|
|
KPK dan
FPB
|
Disajikan
soal cerita berkaitan dengan KPK. Peserta didik dapat menyelesaikan soal
tersebut.
|
PG
|
11
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan FPB dari 3 buah bilangan bulat dengan menggunakan
faktorisasi prima
|
Uraian
|
31
|
|
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan
menggunakan masalah kontekstual.
|
Konsep
Himpunan
|
Diberikan pernyataan tentang kumpulan beberapa benda/objek.
Peserta didik dapat menentukan kumpulan yang bukan termasuk himpunan.
|
PG
|
12
|
|
|
Menyajikan
himpunan
|
Disajikan
himpunan dalam bentuk notasi pembentuk
himpunan peserta didik dapat menentukan himpunan yang disajikan dengan
mendaftar anggota-anggotanya
|
PG
|
13
|
|
|
Himpunan
Kosong
|
Peserta
didik dapat menentukan himpunan yang merupakan himpunan kosong dari beberapa
himpunan yang disajikan.
|
PG
|
14
|
|
|
Himpunan
Semesta
|
Disajikan
suatu himpunan. Peserta didik dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin
dari himpunan tersebut.
|
PG
|
15
|
|
|
Himpunan
Bagian
|
Peserta didik dapat menentukan himpunan bagian dari suatu
himpunan yang diberikan
|
PG
|
16
|
|
|
Himpunan
kuasa
|
Disajikan sebuah kata tertentu yang dapat membentuk suatu
himpunan, peserta didik dapat menentukan banyaknya anggota dari himpunan
tersebut
|
PG
|
17
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan himpunan bagian yang
mempunyai k anggota dari suatu himpunan yang mempunyai n anggota. (n ≤ 4).
|
Uraian
|
32
|
|
|
Komplemen
Himpunan
|
Disajikan
himpunan dan himpunan semesta tetentu. Peserta didik dapat menentukan
komplemen dari himpunan tersebut.
|
PG
|
18
|
|
|
Operasi
himpunan
|
Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi pembentuk
himpunan dan
mendaftar
anggotanya, peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut.
|
PG
|
19
|
|
|
|
Diberikan
tiga buah himpunan yang disajikan dengan mendaftar anggotanya, peserta didik
dapat menentukan hasil operasi selisih dan dan gabungan dari ketiga himpunan
tesebut
|
PG
|
20
|
|
|
Menggunakan
sifat operasi himpunan untuk memecahkan masalah nyata.
|
Diberikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita tersebut menggunakan sifat-sifat operasi himpunan .
|
Uraian
|
33
|
|
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar
dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
Mengenal
bentuk aljabar
|
Peserta
didik dapat menentukan koefisien dari suku ke-n dari bentuk aljabar yang
diberikan
|
PG
|
21
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar yang
diberikan.
|
PG
|
22
|
|
|
Penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil penjumlahan dua bentuk aljabar suku tiga dengan
suku dua
|
PG
|
23
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil pengurangan dua bentuk aljabar suku tiga dengan
suku tiga
|
PG
|
24
|
|
|
Perkalian
bentuk aljabar
|
Peserta
didik dapat menentukan bentuk sederhana dari perkalian bentuk suku dua dengan
suu dua
|
PG
|
25
|
|
|
Pembagian
bentuk aljabar
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil bagi bentuk aljabar
|
PG
|
26
|
|
|
Menyederhanakan
pecahan bentuk aljabar
|
Peserta
didik dapat menyedarhanakan pecahan bentuk aljabar
|
Uraian
|
34
|
|
3.6. Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel dan penyelesaiannya
|
Memahami
konsep persamaan linear satu variabel
|
Peserta
didik dapat menentukan persamaan linear satu variabel dari beberapa kalimat
terbuka yang diberikan
|
PG
|
27
|
|
|
Menyelesaikan
masalah persamaan linear satu variabel
|
Peserta
didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear satu
variabel yang diberikan
|
PG
|
28
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan model matematika persamaan linear satu variabel dari
masalah yang diberikan
|
PG
|
29
|
|
|
Menyelesaikan
masalah pertidaksamaan linear satu variabel
|
Peserta
didik dapat menentukan himpunan penyelesaian suatu pertidaksamaan linear satu
variabel yang diberikan
|
PG
|
30
|
|
|
|
Diberikan
soal cerita yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Peserta didik dapat
menentukan himpunan penyelesaian dengan mengggunakan konsep pertidaksamaan
linear satu variabel.
|
Uraian
|
35
|
No comments:
Post a Comment