Wednesday 3 October 2018

KISI-KISI PAS MATEMATIKA KELAS 7 SMP/MTS


KISI – KISI  PENILAIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019


Satuan Pendidikan                : MTs                                                                                                                                       Alokasi  Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran      : Matemátika.                                                                                                                           Jumlah  Soal              : 35 butir (bentuk soal 30 PG dan 5 Uraian)
Kelas/Semester     : 7 (Tujuh)/ganjil                                                                                                      Bentuk  Tes               : Tertulis

                                                                                                                                                               

 

Kompetensi Inti


Kompetensi Dasar

 

Materi Pokok

 

Indikator Soal

Bentuk Soal
No Soal

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1 Menjelaskan dan menen-tukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
Membandingkan bilangan bulat
Diberikan beberapa bilangan bulat, siswa dapat mengurutan  bilangan bulat berdasarkan urutan tertentu
PG
1


Membandingkan bilangan pecahan
Diberikan beberapa macam bilangan pecahan, siswa dapat mengurutan  bilangan pecahan berdasarkan urutan tertentu
PG
2



Siswa dapat mengubah bilangan pecahan ke bentuk lainnya
PG
3

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
Penjumlahan  dan pengurangan bilangan bulat
Disajikan operasi hitung penjumlahan dengan garis bilangan dari bilangan bulat. Peserta didik dapat menunjukkan operasi yang sesuai dengan operasi tersebut.
PG
4




Diberikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan bulat, peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi tersebut.
PG
5


Perkalian dan pembagian bilangan bulat
Peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi hitung  gabungan penjumlaan, pengurangan, dan perkalian bilangan bulat
PG
6


Penjumlahan dan Pengurangan bilangan pecahan
Peserta didik dapat menentukan hasil pengurangan dari dua buah bilangan pecahan yang diberikan
PG
7


Penjumlahan dan pembagian bilangan pecahan
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan penjumlahan dan pembagian bilangan pecahan.
PG
8

3.3  Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
Mengenal Bilangan Bulat Berpangkat Positif
Peserta didik dapat menentukan nilai bilangan berpangkat bulat positif
PG
9



Diberikan beberapa bilangan bulat berpangkat positif, peserta didik dapat mengurutkan dengan aturan urutan tertentu
PG
10


KPK dan FPB
Disajikan soal cerita berkaitan dengan KPK. Peserta didik dapat menyelesaikan soal tersebut.
PG
11



Peserta didik dapat menentukan FPB dari 3 buah bilangan bulat dengan menggunakan faktorisasi prima
Uraian
31

3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual.
Konsep Himpunan
Diberikan pernyataan tentang kumpulan beberapa benda/objek. Peserta didik dapat menentukan kumpulan yang bukan termasuk himpunan.
PG
12


Menyajikan himpunan
Disajikan himpunan dalam bentuk notasi  pembentuk himpunan peserta didik dapat menentukan himpunan yang disajikan dengan mendaftar anggota-anggotanya
PG
13


Himpunan Kosong
Peserta didik dapat menentukan himpunan yang merupakan himpunan kosong dari beberapa himpunan yang disajikan.
PG
14


Himpunan Semesta
Disajikan suatu himpunan. Peserta didik dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin dari himpunan tersebut.
PG
15


Himpunan Bagian
Peserta didik dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan yang diberikan
PG
16


Himpunan kuasa
Disajikan sebuah kata tertentu yang dapat membentuk suatu himpunan, peserta didik dapat menentukan banyaknya anggota dari himpunan tersebut
PG
17



Peserta didik dapat menentukan himpunan bagian yang mempunyai k anggota dari suatu himpunan yang mempunyai n anggota. (n ≤ 4).

Uraian
32


Komplemen Himpunan
Disajikan himpunan dan himpunan semesta tetentu. Peserta didik dapat menentukan komplemen dari himpunan tersebut.
PG
18


Operasi himpunan
Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut.
PG
19



Diberikan tiga buah himpunan yang disajikan dengan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan hasil operasi selisih dan dan gabungan dari ketiga himpunan tesebut

PG
20


Menggunakan sifat operasi himpunan untuk memecahkan masalah nyata.
Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita tersebut menggunakan sifat-sifat operasi himpunan .

Uraian
33

3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
Mengenal bentuk aljabar
Peserta didik dapat menentukan koefisien dari suku ke-n dari bentuk aljabar yang diberikan
PG
21



Peserta didik dapat menentukan suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar yang diberikan.
PG
22


Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dua bentuk aljabar suku tiga dengan suku dua
PG
23



Peserta didik dapat menentukan hasil pengurangan dua bentuk aljabar suku tiga dengan suku tiga
PG
24


Perkalian bentuk aljabar
Peserta didik dapat menentukan bentuk sederhana dari perkalian bentuk suku dua dengan suu dua
PG
25


Pembagian bentuk aljabar
Peserta didik dapat menentukan hasil bagi bentuk aljabar
PG
26


Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar
Peserta didik dapat menyedarhanakan pecahan bentuk aljabar
Uraian
34

3.6.  Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
Memahami konsep persamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan persamaan linear satu variabel dari beberapa kalimat terbuka yang diberikan
PG
27


Menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear satu variabel yang diberikan
PG
28



Peserta didik dapat menentukan model matematika persamaan linear satu variabel dari masalah yang diberikan
PG
29


Menyelesaikan masalah pertidaksamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian suatu pertidaksamaan linear satu variabel yang diberikan
PG
30



Diberikan soal cerita yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dengan mengggunakan konsep pertidaksamaan linear satu variabel.
Uraian
35





No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...