Wednesday 3 October 2018

KISI-KISI MATEMATIKA KELAS 9 SMP/MTS KURTILAS TERBARU


KISI – KISI  PENILAIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019


Satuan Pendidikan                : MTs                                                                                                                                      Alokasi  Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran      : Matemátika.                                                                                                                           Jumlah  Soal              : 35 butir (bentuk soal 30 PG dan 5 Uraian)
Kelas/Semester     : IX (sembilan)/ganjil                                                                                                              Bentuk  Tes               : Tertulis
Kurikulum                            : 2013 edisi revisi                                                                                   

 

Kompetensi Inti


Kompetensi Dasar

 

Materi Pokok

 

I  n  d  i  k  a  t  o  r

Bentuk Soal
No Soal

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifatsifatnya
Pengertian bilangan pangkat
Peserta didik dapat menentukan bilangan bentuk pangkat dari bilangan bulat yang diberikan
PG
1


Operasi Hitung bilangan pangkat
Diberikan operasi hitung (perkalian dan pembagian) beberapa buah bilangan pangkat, dengan pangkat bilangan bulat. Peserta didik dapat menyederhanakan operasi hitung tersebut.
PG
2


Bentuk baku/Notasi Ilmiah
Siswa dapat menyederhanakan operasi hitung bilangan yang diberikan menjadi bentuk baku
PG
3


Bilangan pangkat pecahan merupakan bentuk akar
Peserta didik dapat menentukan bentuk pangkat pecahan dari akar pangkat n dari bilangan asli yang diberikan

PG
4


Operasi hitung pada bentuk akar
Peserta didik dapat menyederhanakan operasi hitung (penjumlahan dan pengurangan) bentuk akar 
PG
5



Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata menggunakan sifat dan operasi hitung bentuk akar
PG
6



Peserta didik dapat menyederhanakan operasi hitung (mencakup operasi perkalian, pembagian dan pengurangan) bentuk akar 
uraian
31


Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar
Peserta didik dapat merasionalkan pecahan bentuk akar yang diberikan
PG
7

3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
Bentuk umum persamaan kuadrat
Disajiikan persamaan kuadrat dalam bentuk  ax2 = bx – c, peserta didik dapat mengubah dalam bentuk umum
PG
8



Disajikan beberapa persamaan, peserta didik dapat menentukan yang merupakan persamaan kuadrat
PG
9


Menentukan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
Peserta didik dapat menentukan akar-akar dari persamaan kuadrat yang diberikan dengan ax2 + bx + c = 0, (a,b,c Є R dan a = 1)
PG
10



Peserta didik dapat menentukan akar-akar dari persamaan kuadrat yang diberikan dengan ax2 + bx + c = 0, (a,b,c Є R dan a > 1)
PG
11


Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar dari persamaan kuadrat
berdasarkan koefisien-koefisiennya
Diberikan persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, (a,b,c Є R dan a = 1) dengan akar-akar persamaan tersebut adalah x1 dan x2. Peserta didik dapat menentukan jumlah akar-akar persamaan kuadrat tersebut
PG
12


Menyusun persamaan kuadrat
Peserta didik dapat menyusun persamaan kuadrat jika akar-akar persamaan tersebut  x1 dan x2. Diketaui.

uraian
32



Disajikan persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, dengan a > 1. Jika x1 dan x2 merupakan akar-akar dari persamaan tersebut, peserta didik dapat menyusun persamaan kuadrat  baru jika (x1 + x2) dan ( x1 . x2 ) merupakan akar-akar persamaan  kuadrat.

13


Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan
melihat nilai Diskriminannya
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang salah dari beberapa pernyaan yang berikan terkait tentang besar diskriminan,
PG
14

3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
Titik potong grafik terhadap sumbu simetri
Disajikan suatu rumus grafik fungsi, peserta didik dapat menentukan titik potong grafik terhadap sumbu y
PG
15



Peserta didik dapat menentuka titik potong terhadap sumbu y, yang diketahui rumus fungsinya dan titik potong terhadap sumbu x
PG
16


Grafik fungsi
Disajikan gambar grafik fungsi kuadrat, peserta didik dapat menentukan rumus fungsi kuadrat yang sesuai
PG
17


Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
uraian
33

3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan  diskriminasi fungsi kuadrat dengan grafiknya
Sifat grafik fungsi berdasarkan determinan
Disajikan gambar grafik fungsi kuadrat, peserta didik dapat menentukan sifat-sifat koefisien dan diskriminan yang sesuai.
PG
18

3.5 Menjelaskan transformasi geometri(refleksi, translasi, rotasi,dan dilatasi) yang dihubungkan dengan  masalah kontekstual.
Simetri lipat
Disajikan suatu bangun/gambar teterntu yang mempunyai simetri lipat, peserta didik dapat menentukan banyaknya simetri lipat dari bangun tersebut
PG
19


Refleksi/pencerminan
Peserta didik dapat menentukan bayang suatu titik yang diketahui titik koordinatnya jika dicerminkan terhadap sumbu x
PG
20



Disajikan titik-titik  kordinat dari sudut suatu segitiga, peserta didik dapat menentukan bayangan salah satu titik sudut segitiga jika dicerminkan terhadap garis yang sejajar sumbu y ( x = a )
PG
21


Translasi/pergeseran
Peserta didik dapat menentukan hasil trasnlasi titik K(x,y) oleh traslasi [a,b]
PG
22



Diketahui bayang titik A(a,b) ditranslasikan oleh T menjadi A’(c,d). Peserta didik dapat menentukan bayangan suatu titik C(e,f) oleh translasi T tersebut
PG
23


Rotasi
Peserta didik dapat menentukan koordinat bayangan titik P(x,y) diputar 90o berlawanan arah jarum jam dengan pusat O (0,0)
PG
24



Peserta didik dapat menentukan koordinat bayangan titik P(x,y) diputar 90o searah jarum jam dengan pusat O (0,0)
Uraian
34


Dilatasi
Peserta didik dapat menentukan koordinat bayangan titik D(x,y) jika dilatasikan terhadap [O,a]
PG
25



Peserta didik dapat menentukan titik koordinat A, jika diketahui hasil refleksi titik A terhadap sumbu x dan dilanjutkan translasi sejauh [a,b] adalah A’
PG
26

3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
Kesebangunan antar bangun datar
Disajikan beberapa benda  bangun  segi empat berikut ukurannya, peserta didik dapat menentukan bangun yang sebangun dengan  persegi panjang dengan ukuran tertentu

27



Diberikan soal cerita berkaitan dengan maket suatu gedung yang diketahui ukuran tinggi pintu dan dan tinggi bangunannya. Jika tinggi pintu sebenarnya diketahui, peserta didik dapat menentukan tinggi bangunanya

28


Kekongruenan antar bangun datar
Disajikan jajargenjang KLMN dengan diagonal KM, siswa dapat menentukan syarat kongruen dari segitiga yang terbentuk
PG
29



Disajikan sebuah gambar layang-layang dengann salah satu diagonalnya. Peserta didik dapat menentukan apakah  segitiga yang terbentu kongruen, dan dapat menyebutkan sisi-sisi yang sama panjang dan sudut-sudut yang sama besar
Uraian
35



Disajikan dua buah segitiga yang kongruen. Segitiga I diketahu i ukuan dua sudut dan dua sisinya, segitiga II diketahui satu sudutnya, peserta didik dapat menentukan salah satu ukuran sudut yang belum diketahui dari  segitiga II
PG
30



No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...