KISI – KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
Satuan Pendidikan :
MTs Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran :
Matemátika. Jumlah Soal : 35 butir (bentuk soal 30 PG dan 5 Uraian)
Kelas/Semester :
IX (sembilan)/ganjil Bentuk Tes : Tertulis
Kurikulum :
2013 edisi revisi
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
I n
d i k
a t o r
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan
operasi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifatsifatnya
|
Pengertian
bilangan pangkat
|
Peserta
didik dapat menentukan bilangan bentuk pangkat dari bilangan bulat yang
diberikan
|
PG
|
1
|
|
|
Operasi
Hitung bilangan pangkat
|
Diberikan
operasi hitung (perkalian dan pembagian) beberapa buah bilangan pangkat, dengan pangkat bilangan bulat. Peserta didik dapat
menyederhanakan operasi
hitung tersebut.
|
PG
|
2
|
|
|
Bentuk
baku/Notasi Ilmiah
|
Siswa
dapat menyederhanakan operasi hitung bilangan yang diberikan menjadi bentuk
baku
|
PG
|
3
|
|
|
Bilangan
pangkat pecahan merupakan bentuk akar
|
Peserta didik dapat menentukan bentuk pangkat pecahan dari akar pangkat n dari
bilangan asli yang diberikan
|
PG
|
4
|
|
|
Operasi
hitung pada bentuk akar
|
Peserta didik dapat
menyederhanakan operasi hitung (penjumlahan dan pengurangan) bentuk akar
|
PG
|
5
|
|
|
|
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata
menggunakan sifat dan operasi hitung bentuk akar
|
PG
|
6
|
|
|
|
Peserta didik dapat
menyederhanakan operasi hitung (mencakup operasi perkalian, pembagian dan
pengurangan) bentuk akar
|
uraian
|
31
|
|
|
Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar
|
Peserta
didik dapat merasionalkan pecahan bentuk akar yang diberikan
|
PG
|
7
|
|
3.2 Menjelaskan persamaan
kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
Bentuk
umum persamaan kuadrat
|
Disajiikan
persamaan kuadrat dalam bentuk ax2 = bx –
c, peserta didik dapat mengubah dalam bentuk umum
|
PG
|
8
|
|
|
|
Disajikan
beberapa persamaan, peserta didik dapat menentukan yang merupakan persamaan
kuadrat
|
PG
|
9
|
|
|
Menentukan
akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
|
Peserta
didik dapat menentukan akar-akar dari persamaan
kuadrat yang diberikan dengan ax2 + bx + c = 0, (a,b,c Є R dan a = 1)
|
PG
|
10
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan akar-akar dari persamaan
kuadrat yang diberikan dengan ax2 + bx + c = 0, (a,b,c Є R dan a > 1)
|
PG
|
11
|
|
|
Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali
akar-akar dari persamaan kuadrat
berdasarkan
koefisien-koefisiennya
|
Diberikan
persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, (a,b,c Є R dan a = 1) dengan
akar-akar persamaan tersebut adalah x1 dan x2. Peserta didik dapat menentukan jumlah
akar-akar persamaan kuadrat tersebut
|
PG
|
12
|
|
|
Menyusun
persamaan kuadrat
|
Peserta
didik dapat menyusun persamaan kuadrat jika akar-akar persamaan tersebut x1 dan x2. Diketaui.
|
uraian
|
32
|
|
|
|
Disajikan
persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, dengan a > 1. Jika x1 dan x2 merupakan
akar-akar dari persamaan tersebut, peserta didik dapat menyusun persamaan
kuadrat baru jika (x1 + x2) dan
( x1 . x2 )
merupakan akar-akar persamaan kuadrat.
|
|
13
|
|
|
Mengidentifikasi karakteristik dari
penyelesaian persamaan kuadrat dengan
melihat nilai
Diskriminannya
|
Peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang salah dari beberapa pernyaan yang
berikan terkait tentang besar diskriminan,
|
PG
|
14
|
|
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat
dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
Titik
potong grafik terhadap sumbu simetri
|
Disajikan suatu rumus grafik
fungsi, peserta didik dapat menentukan titik potong grafik terhadap sumbu y
|
PG
|
15
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentuka
titik potong terhadap sumbu y, yang diketahui rumus fungsinya dan titik
potong terhadap sumbu x
|
PG
|
16
|
|
|
Grafik
fungsi
|
Disajikan gambar grafik fungsi kuadrat,
peserta didik dapat menentukan rumus fungsi kuadrat yang sesuai
|
PG
|
17
|
|
|
Menentukan nilai
optimum dari fungsi kuadrat
|
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
uraian
|
33
|
|
3.4 Menjelaskan hubungan antara
koefisien dan diskriminasi fungsi
kuadrat dengan grafiknya
|
Sifat
grafik fungsi berdasarkan determinan
|
Disajikan gambar grafik fungsi kuadrat,
peserta didik dapat menentukan sifat-sifat koefisien dan diskriminan yang
sesuai.
|
PG
|
18
|
|
3.5 Menjelaskan transformasi
geometri(refleksi, translasi, rotasi,dan dilatasi) yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual.
|
Simetri
lipat
|
Disajikan suatu bangun/gambar
teterntu yang mempunyai simetri lipat, peserta didik dapat menentukan
banyaknya simetri lipat dari bangun tersebut
|
PG
|
19
|
|
|
Refleksi/pencerminan
|
Peserta didik dapat menentukan
bayang suatu titik yang diketahui titik koordinatnya jika dicerminkan
terhadap sumbu x
|
PG
|
20
|
|
|
|
Disajikan titik-titik kordinat dari sudut suatu segitiga, peserta
didik dapat menentukan bayangan salah satu titik sudut segitiga jika
dicerminkan terhadap garis yang sejajar sumbu y ( x = a )
|
PG
|
21
|
|
|
Translasi/pergeseran
|
Peserta didik dapat menentukan
hasil trasnlasi titik K(x,y) oleh traslasi [a,b]
|
PG
|
22
|
|
|
|
Diketahui bayang titik A(a,b)
ditranslasikan oleh T menjadi A’(c,d). Peserta didik dapat menentukan
bayangan suatu titik C(e,f) oleh translasi T tersebut
|
PG
|
23
|
|
|
Rotasi
|
Peserta
didik dapat menentukan koordinat bayangan titik P(x,y) diputar 90o
berlawanan arah jarum jam dengan pusat O (0,0)
|
PG
|
24
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan koordinat bayangan titik P(x,y) diputar 90o
searah jarum jam dengan pusat O (0,0)
|
Uraian
|
34
|
|
|
Dilatasi
|
Peserta
didik dapat menentukan koordinat bayangan titik D(x,y) jika dilatasikan
terhadap [O,a]
|
PG
|
25
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan titik koordinat A, jika diketahui hasil refleksi titik
A terhadap sumbu x dan dilanjutkan translasi sejauh [a,b] adalah A’
|
PG
|
26
|
|
3.6
Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
Kesebangunan
antar bangun datar
|
Disajikan
beberapa benda bangun segi empat berikut ukurannya, peserta didik
dapat menentukan bangun yang sebangun dengan
persegi panjang dengan ukuran tertentu
|
|
27
|
|
|
|
Diberikan
soal cerita berkaitan dengan maket suatu gedung yang diketahui ukuran tinggi pintu
dan dan tinggi bangunannya. Jika tinggi pintu sebenarnya diketahui, peserta
didik dapat menentukan tinggi bangunanya
|
|
28
|
|
|
Kekongruenan
antar bangun datar
|
Disajikan
jajargenjang KLMN dengan diagonal KM, siswa dapat menentukan syarat kongruen
dari segitiga yang terbentuk
|
PG
|
29
|
|
|
|
Disajikan
sebuah gambar layang-layang dengann salah satu diagonalnya. Peserta didik
dapat menentukan apakah segitiga yang
terbentu kongruen, dan dapat menyebutkan sisi-sisi yang sama panjang dan
sudut-sudut yang sama besar
|
Uraian
|
35
|
|
|
|
Disajikan dua buah segitiga yang
kongruen. Segitiga I diketahu i ukuan dua sudut dan dua sisinya, segitiga II
diketahui satu sudutnya, peserta didik dapat menentukan salah satu ukuran
sudut yang belum diketahui dari segitiga II
|
PG
|
30
|
No comments:
Post a Comment