Wednesday 19 September 2018

SILABUS BAHASA INGGRIS KELAS 9 KURTILAS REVISI 2017


                                                                                                                           SILABUS
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris

Kelas                                       : IX

Kompetensi Inti          :
KI 1 :   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 :   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran


3.1       Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Teks lisan dan tulis tentang ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya
Fungsi sosial
Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
a.   Mengungkapkan harapan
·  I hope everything is fine.
I hope so.
b.     Mengucapkan selamat
·  I got the first price of Speech Contest.
Really? Congratulations!
Thanks.
·  Good job...!You did it well.
Thank you.
Unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

Mengamati
·  Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya

·  Siswa mengikuti interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya

·  Siswa menirukan model interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya

·  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
·   Siswa mengungkan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
·       Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, struktur teks, dan  unsur kebahasaan,  serta format penulisannya.
·       Siswa meminta balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa mengungkapkan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·       Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
3.2      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan persetujuan, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2  Menyusun teks lisan  dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespons ungkapan persetujuan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis tentang ungkapan persetujuan, serta responsnya

Fungsi sosial
Mengungkapkan persetujuan untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur teks
Mengungkapkan persetujuan.
·     How if we go to the cinema?
I don’t agree with you.
We have to finish our homework this afternoon.
·     I think it’s better for us to go by bus.
I agree with you.
.
Unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

Mengamati
·  Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan persetujuan, serta responsnya
·  Siswa mengikuti interaksi ungkapan persetujuan, serta responsnya
·  Siswa menirukan model interaksi ungkapan persetujuan, serta responsnya
·  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi ungkapan ungkapan persetujuan, serta responsnya (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan persetujuan, serta responsnya dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
·   Siswa mengungkapkan ungkapan persetujuan, serta responsnya menggu nakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
·       Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan , ungkapan persetujuan, serta responsnya, struktur teks, dan  unsur kebahasaan,  serta format penulisannya.
·       Siswa meminta balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa mengungkapkan ungkapan persetujuan, serta responsnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·       Siswa menulis pengalaman belajarnya dalam learning journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
3.3      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



Teks lisan dan tulis menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan keharusan dan himbauan untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
a.   Menyatakan dan menanyakan keharusan
·  We must do the task correctly.
I think so.
·  What do we have to do after class?
We have to clean up the classroom.
b.   Menyatakan dan menanyakan himbauan.
·  What should we do with it?
Let’s give it back to the owner.
·  Why don’t you go home now?
I’m waiting for my sister. She is still in class.
Unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

Mengamati
·  Siswa mendengarkan/ menonton interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan, serta responsnya
·  Siswa mengikuti interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan
·  Siswa menirukan model interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan
·  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
Siswa mengungkapkan menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
·       Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan, menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan struktur teks, dan  unsur kebahasaan,  serta format penulisannya.
·       Siswa meminta balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.


Mengomunikasikan
·       Siswa mengungkapkan ungkapan keharusan dan himbauan melakukan sesuatu dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·       Siswa menulis pengalaman belajarnya dalam learning journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
3.4      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan /kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



Teks lisan dan tulis menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan
Fungsi sosial
·      Menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan
·      Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
Menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan
·     What are you here for?
I am here to meet my friend.
·     Why did you do that?
I did it in order to get her attention.
·     Do you have to hurry?
Yes, so that I can catch the first train to Bogor
Unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

Mengamati
·   Siswa mendengarkan/ menonton interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan serta responsnya
·  Siswa mengikuti interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·  Siswa menirukan model interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
·  Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan, ungkapan menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format penulisannya.
·   Siswa meminta balikan   (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·     Siswa menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·     Siswa menulis pengalaman belajarnya dalam learning journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
3.5  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang suruhan dan larangan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/ kegiatan.

Fungsi sosial
·      Menghindari kekeliruan
·      Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur teks
·     Consume 2 cups for adult and 1 cup for children
·     Keep away from toddlers
          You must not use more than 1 unit at a time

Unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

Mengamati
·   Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan serta responsnya
·  Siswa mengikuti interaksi menyatakan dan menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan

·  Siswa menirukan model interaksi menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan

·  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
·   Siswa menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/ kegiatan menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
·    Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan fungsi sosial, ungkapan menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format penulisannya.
·   Siswa meminta balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/ kegiatan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·       Siswa menulis pengalaman belajarnya dalam learning journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
3.6.  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks label obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.6. Menangkap makna label obat /makanan /minuman, sangat pendek dan sederhana.

Teks tulis label obat/ makanan/ minuman
Fungsi sosial
Membaca dan menulis dengan cermat untuk menjalin hubungan antar pribadi, melakukan tindakan dengan tepat, menghindari kekeliruan
Struktur text
a.     Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
b.     Label obat/makanan/ minuman, pendek dan sederhana
Unsur kebahasaan
(1)     Ungkapan dan tata bahasa yang lazim
(2)     Kalimat deklaratif dan imperatif
(3)     Simple Present tense
(4)     Penggunaan kata bantu modal yang lazim
(5)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik teks
Obat, makanan, minuman, barang, jasa, peristiwa, kejadian, acara, yang lazim atau terkait dengan hidup siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat,  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
Mengamati
·       Siswa membaca beberapa teks label obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana dari berbagai sumber

·       Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks label obat/makanan/ minuman, dari berbagai sumber.

·       Siswa belajar membaca memindai untuk mendapatkan informasi tertentu dari teks (scanning) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai label dalam berbagai konteks
·    Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi tertentu dalam teks label obat/makanan/ minuman
Mengeksplorasi
·   Siswa membacakan teks label obat/makanan/ minuman, pendek dan sederhana kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
·   Siswa berlatih menemukan informasi tertentu dan rinci dalam teks label obat/ makanan/ minuman
·   Siswa menulis/menyalin teks label obat/makanan/ minuman, pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks label obat/makanan/ minuman, yang ditulis.
·    Siswa melakukan perbaikan terhadap label obat/ makanan/ minuman, yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
·     Siswa menganalisis berbagai teks label obat/makanan/ minuman, dan membandingkannya dengan contoh yang diberikan
·      Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam teks label obat/makanan/ minuman
·     Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis teks label obat/ makanan/minuman, dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·     Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa menggunakan kalimat simple present  dalam menulis teks label obat/makanan/ minuman
·       Siswa mempresentasikan teks label obat/makanan/ minuman yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman
·       Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan
3.7      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.7      Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana.

4.8      Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, berbentuk resep dan manual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis teks  prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep dan manual
Fungsi sosial
Menguraikan cara melakukan sesuatu langkah demi langkah untuk mencapai hasil terbaik secara efisien, menghindari kecelakaan, kerusakan, pemborosan.
Struktur teks
a.       Tujuan
b.       Bahan (tidak selalu harus ada)
c.        Langkah-langkah secara berurut)
Unsur kebahasaan
(1)     Uraian tindakan dalam Simple Present tense, biasanya dalam bentuk kalimat imperatif
(2)     Ukuran/takaran
(3)     Adverbia penghubung langkah
(4)     Adverbia dan frasa preposisional untuk cara
(5)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Cara memasak, melakukan permainan, menggunakan atau mengoperasikan  peralatan, mengerjakan proyek, dsb., dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, efisien, ramah lingkungan, tanggung jawab.

Multimedia
Foto, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
Mengamati
·       Siswa membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam  resep dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·       Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisan teks prosedur
·       Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai resep dan manual dalam berbagai konteks
·   Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks prosedur.
Mengeksplorasi
·       Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks prosedur dari berbagai sumber.
·       Siswa membacakan teks prosedur  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·       Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks prosedur.
·       Siswa secara berkelompok menuliskan teks  prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
·       Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks prosedur yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa membuat kliping resep dan manual dengan menyalin dari beberapa sumber.
·       Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
3.8.    Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.9.    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang
Fungsi sosial
·       Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini.
·       Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada waktu lampau.
·       Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada waktu yang akan datang.

Struktur teks
Menyatakan dan menanyakan:
a.    Tindakan/ kegiatan /kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini (She is listening to the music, What is she doing right now?)

b.    Tindakan/ kegiatan /kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi di waktu lampau (She was studying English when I came, What was she doing when you came?)

c.     Tindakan/ kegiatan /kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada waktu yang akan datang ( I’ll be doing my homework when you come to home tonight)
Unsur kebahasaan
Kata kerja to be (be, am, Is , are, was, were), progressive (styudying, doing, etc); tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat dengan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang.
·      Siswa mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.  Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
b. Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengeksplorasi
·      Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·      Siswa membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dengan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
·      Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dalam jurnal belajarnya.




3.9.    Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.10.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan /kejadian yang sudah/telah dilakukan/ terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik
Fungsi sosial
·       Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik.
Struktur teks
·       Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik (He had done his assignment, Had he done his assignment?)

Unsur kebahasaan

Kata kerja had, past participle (Verb 3); tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat dengan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik.
·      Siswa mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik .
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan /kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
c.     Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatanlain yang terstruktur.
d.    Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/ terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
·       Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·       Siswa membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dalam bahasa Inggris dengan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
·       Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·       Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris  secara spesifik dalam jurnal belajarnya.
3.10.      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.11.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.
Struktur teks
I come late. because I got up late. Since he didn’t do the homework, the teacher gave him other assignment. She is so kind that every body likes her.
Unsur kebahasaan
Kata penghubung because, since; so ... that, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
·       Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, dalam berbagai konteks.
·       Siswa mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan. selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·       Siswa menirukan contoh-contoh kalimat  yang menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan..
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.     Siswa menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
b.     Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
·       Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan. yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·       Siswa membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan. dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
·       Siswa mempresentasikan tulisan mereka yang menggunakan kalimat menyatakan sebab-akibat
·       Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.dalam jurnal belajarnya.
3.11.      Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif  berbentuk cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.12.      Menangkap makna teks naratif, lisan dan tulis, berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana.

Teks lisan dan tulis dari teks naratif  berbentuk cerita rakyat
Fungsi sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur melalui cerita rakyat.

Struktur teks
a.       Orientasi: menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
b.       Evaluasi: terhadap masalah yang dihadapi tokoh
c.        Komplikasi: muncul krisis
d.       Resolusi: krisis berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh
Unsur kebahasaan
(1)     Deskripsi orang, benda, dan uraian kejadian/peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past tense atau present tense
(2)     Kalimat langsung dan tidak langsung
(3)     Adverbia penghubung waktu
(4)     Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu
(5)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik Teks
Cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah baik dalam negeri maupun luar yang mengandung nilai-nilai luhur
Multimedia
Gambar, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
Mengamati
·       Siswa membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam  teks  naratif, lisan dan tulis, berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·       Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks naratif
·       Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan (past tense atau present tense, kalimat langsung tak langsung) yang digunakan dalam teks.
·       Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks naratif.
Experimen/explore
·       Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks naratif dari berbagai sumber.
·       Siswa membacakan teks naratif  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·       Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks naratif.
·       Siswa secara berkelompok menuliskan teks  naratif, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
·       Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks naratif dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa membuat kliping teks naratif dengan menyalin dan beberapa sumber.
·       Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
3.12.      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya.
Struktur teks
Our school was built in 1970. Rice is grown in our country..
Unsur kebahasaan
Kata kerja be verb 3; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Mengamati
·       Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dalam berbagai konteks.
·       Siswa mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya. selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·       Siswa menirukan contoh-contoh kalimat  yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya.
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
·       Siswa  menyusun kata-kata menjadi kalimat pasif
·       Siswa membacakan beberapa kalimat pasif  kepada teman
·       Siswa menulis pernyataan dan pertanyaan dalam bentuk pasif
·       Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.

Mengasosiasi
·       Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·       Siswa membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
·       Siswa mempresentasikan tulisannya yang menggunakan kalimat pasif.
·       Mendapatkan penguatan dari guru dan teman
·       Siswa menuliskan jurnal belajar.
3.13.      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.

4.14.      Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (report) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.

4.15.      Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan social

Fungsi sosial
Menguraikan gambaran umum tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, secara objektif dan ilmiah.
Struktur text
a.       Penyebutan jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan
b.       Deskripsi obyek termasuk nama, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
Unsur kebahasaan
(1)     Penyebutan kata benda umum, singular dan plural
(2)     Kalimat dengan kata kerja be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present tense, atau Simple Past tense jika sudah punah atau tidak ada lagi.
(3)     Penamaan dengan istilah ilmiah.
(4)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(6)     Rujukan kata

Topik
Benda, binatang dan gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX
Mengamati
·       Siswa membaca/ mendengarkan/menonton berbagai macam teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.
·       Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisan teks ilmiah faktual
·       Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·       Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
a.     fungsi sosial
b.     struktur teks
c.     penggunaan unsur kebahasaan (present tense dan passive, rujukan kata)
·       Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks ilmiah faktual.
Mengeksplorasi
·       Siswa membaca/ mendengarkan beberapa teks faktual report dari berbagai sumber.
·       Siswa membacakan teks factual report kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·       Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks factual report.
·       Siswa secara berkelompok menuliskan teks factual report  tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
·       Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks report teks factual report yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa membuat kliping teks report dengan menyalin dan beberapa sumber.
·       Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
3.14.      Menyebutkan struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks iklan produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.16.      Menangkap makna dalam teks iklan produk dan jasa, sangat pendek dan sederhana.


Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk iklan produk dan jasa
Fungsi sosial
Membaca dan menulis dengan cermat untuk menjalin hubungan antar pribadi, melakukan tindakan dengan tepat, menghindari kekeliruan
Struktur text
a.       Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
b.       Iklan produk dan jasa, pendek dan sederhana
Unsur kebahasaan
(1)       Ungkapan dan tata bahasa yang lazim
(2)     Simple Present tense, Future tense
(3)     Penggunaan kata bantu modal yang lazim
(4)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik teks
Obat, makanan, minuman, barang, jasa, yang lazim atau terkait dengan hidup siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat,  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
Mengamati
·       Siswa membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam teks iklan produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·       Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks iklan
·       Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·       Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
a.    fungsi sosial
b.    struktur teks
c.     penggunaan unsur kebahasaan (present tense, future tense)
·       Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks iklan.
Mengeksplorasi
·       Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks iklan dari berbagai sumber.
·       Siswa membacakan teks iklan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·       Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks iklan.
·       Siswa secara berkelompok menuliskan teks  iklan pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
·       Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks iklan tertulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·       Siswa membuat kliping teks iklan  dengan menyalin dari beberapa sumber.
·       Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
3.15.      Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.

4.17.      Menangkap makna lagu.

Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)     Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
Mengamati
·  Siswa mendengarkan berbagai lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
·  Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
·  Siswa belajar membaca intensif  untuk menemukan informasi rinci dan menentukan jedah yang tepat untuk membaca bermakna
Menanya
·  Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan pesan  pada lagu yang didengar atau dibaca.
·       Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dalam lagu
Mengeksplorasi
·       Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
·       Siswa belajar menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
·       Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca
Mengasosiasi
·       Siswa dalam kelompok menganalisis pesan dari lagu yang didengar/dibaca
·       Siswa membuat beberapa catatan
Mengomunikasikan
·       Siswa menyalin lagu dengan tulisan yang rapi dan  menuliskan pesan yang disampaikan dalamnya.
·       Siswa melaporkan hal-hal yang dipelajari dari lagu dan kesulitan dalam menentukan pesan lagu tersebut.


No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...