Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat), dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
3.1
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan
selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis tentang ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya
Fungsi sosial
Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru
dan teman
Struktur
teks
a. Mengungkapkan
harapan
· I hope everything is fine.
I hope so.
b.
Mengucapkan selamat
·
I
got the first price of Speech Contest.
Really? Congratulations!
Thanks.
·
Good
job...!You did it well.
Thank you.
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata
bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan
harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi,
serta responsnya
· Siswa
mengikuti interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya
· Siswa
menirukan model interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas
suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi ungkapan harapan atau doa dan ucapan
selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai
ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, serta responsnya dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
·
Siswa mengungkan harapan atau doa dan ucapan
selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responsnya
menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play,
dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi
ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format penulisannya.
· Siswa
meminta balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
mengungkapkan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, serta responsnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menulis jurnal untuk mengungkapkan
pengalaman yang mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal
yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan
untuk mengatasinya
|
3.2
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan persetujuan, serta responsnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana untuk mengucapkan dan merespons ungkapan persetujuan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis tentang ungkapan persetujuan, serta responsnya
Fungsi sosial
Mengungkapkan
persetujuan untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur
teks
Mengungkapkan
persetujuan.
·
How
if we go to the cinema?
I don’t agree with you.
We have to finish our homework this afternoon.
· I think it’s better for us to go by bus.
I agree with you.
.
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata
bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan
persetujuan, serta responsnya
· Siswa
mengikuti interaksi ungkapan persetujuan, serta responsnya
· Siswa
menirukan model interaksi ungkapan persetujuan, serta responsnya
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi ungkapan ungkapan persetujuan, serta
responsnya (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai
ungkapan persetujuan, serta responsnya dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
·
Siswa mengungkapkan ungkapan persetujuan, serta
responsnya menggu nakan Bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan , ungkapan persetujuan, serta
responsnya, struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format penulisannya.
· Siswa
meminta balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
mengungkapkan ungkapan persetujuan, serta responsnya dengan bahasa Inggris,
di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menulis pengalaman belajarnya dalam learning
journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang
sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
3.3
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
dan himbauan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan
suatu tindakan
Fungsi sosial
Menyatakan
dan menanyakan keharusan dan himbauan untuk menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman
Struktur
teks
a. Menyatakan
dan menanyakan keharusan
· We must do the task correctly.
I
think so.
· What do we have to do after class?
We
have to clean up the classroom.
b.
Menyatakan dan menanyakan himbauan.
· What should we do with it?
Let’s
give it back to the owner.
· Why don’t you go home now?
I’m waiting for my sister. She is still in class.
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata
bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan/ menonton interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
dan himbauan melakukan suatu tindakan, serta responsnya
· Siswa
mengikuti interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan
melakukan suatu tindakan
· Siswa
menirukan model interaksi menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan
himbauan melakukan suatu tindakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan (fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan dalam
berbagai konteks
Mengeksplorasi
Siswa
mengungkapkan menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan
suatu tindakan menggunakan Bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan, menyatakan dan menanyakan
tentang keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan struktur teks,
dan unsur kebahasaan, serta
format penulisannya.
· Siswa
meminta balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
mengungkapkan ungkapan keharusan dan himbauan melakukan sesuatu dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menulis pengalaman belajarnya dalam learning
journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang
sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
3.4
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan
tujuan melakukan suatu tindakan /kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.4. Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan melakukan
suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Fungsi sosial
· Menanyakan
maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan
· Untuk
menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur
teks
Menanyakan
maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan
·
What
are you here for?
I am
here to meet my friend.
· Why did you do that?
I
did it in order to get her attention.
· Do you have to hurry?
Yes, so that I can catch the first train to Bogor
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata
bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan/ menonton interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan
melakukan suatu tindakan/kegiatan serta responsnya
· Siswa
mengikuti interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan
· Siswa
menirukan model interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan
melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan dan menanyakan maksud dan
tujuan melakukan suatu tindakan/ kegiatan (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai
ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu
tindakan/ kegiatan dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
Siswa
menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/
kegiatan menggunakan Bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan, ungkapan menyatakan dan
menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan struktur teks,
dan unsur kebahasaan, serta format
penulisannya.
·
Siswa meminta balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/
kegiatan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menulis pengalaman belajarnya dalam learning
journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang
sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
3.5
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
suruhan dan larangan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks lisan dan
tulis menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/ kegiatan.
Fungsi sosial
· Menghindari
kekeliruan
· Untuk
menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur
teks
·
Consume
2 cups for adult and 1 cup for children
·
Keep
away from toddlers
•
You must not use more
than 1 unit at a time
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata
bahasa.
Topik
Hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa serta teman selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan/menonton interaksi menyuruh dan melarang melakukan suatu
tindakan/kegiatan serta responsnya
· Siswa
mengikuti interaksi menyatakan dan menyuruh dan melarang melakukan suatu
tindakan/kegiatan
· Siswa
menirukan model interaksi menyuruh dan melarang melakukan suatu
tindakan/kegiatan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyuruh dan melarang melakukan suatu
tindakan/kegiatan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai
ungkapan menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam
berbagai konteks
Mengeksplorasi
·
Siswa menyuruh dan melarang melakukan suatu
tindakan/ kegiatan menggunakan Bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Mengasosiasi
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa membandingkan fungsi sosial, ungkapan
menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format
penulisannya.
· Siswa
meminta balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/ kegiatan dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menulis pengalaman belajarnya dalam learning
journal tentang hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang
sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
3.6. Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks label obat/makanan/
minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6. Menangkap
makna label obat /makanan /minuman, sangat pendek dan sederhana.
|
Teks tulis
label obat/ makanan/ minuman
Fungsi
sosial
Membaca dan menulis dengan cermat untuk menjalin
hubungan antar pribadi, melakukan tindakan dengan tepat, menghindari
kekeliruan
Struktur text
a.
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
b.
Label obat/makanan/ minuman, pendek dan sederhana
Unsur
kebahasaan
(1) Ungkapan
dan tata bahasa yang lazim
(2)
Kalimat deklaratif dan imperatif
(3)
Simple Present tense
(4)
Penggunaan kata bantu modal yang lazim
(5)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(6) Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik teks
Obat,
makanan, minuman, barang, jasa, peristiwa, kejadian, acara, yang lazim atau
terkait dengan hidup siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat, dengan memberikan keteladanan tentang
perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia
Layout
dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
|
Mengamati
·
Siswa membaca beberapa teks label
obat/makanan/minuman, pendek dan sederhana dari berbagai sumber
· Siswa
mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks label
obat/makanan/ minuman, dari berbagai sumber.
·
Siswa belajar membaca memindai untuk mendapatkan
informasi tertentu dari teks (scanning)
dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai label
dalam berbagai konteks
·
Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi
tertentu dalam teks label obat/makanan/ minuman
Mengeksplorasi
· Siswa
membacakan teks label obat/makanan/ minuman, pendek dan sederhana kepada
teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
· Siswa
berlatih menemukan informasi tertentu dan rinci dalam teks label obat/
makanan/ minuman
· Siswa
menulis/menyalin teks label obat/makanan/ minuman, pendek dan sederhana
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang teks label obat/makanan/ minuman, yang ditulis.
·
Siswa melakukan perbaikan terhadap label obat/
makanan/ minuman, yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
· Siswa
menganalisis berbagai teks label obat/makanan/ minuman, dan membandingkannya
dengan contoh yang diberikan
· Siswa
menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam teks label obat/makanan/
minuman
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat
membaca dan menulis teks label obat/ makanan/minuman, dalam bahasa Inggris
dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
menggunakan kalimat simple present
dalam menulis teks label obat/makanan/ minuman
· Siswa
mempresentasikan teks label obat/makanan/ minuman yang sudah diperbaiki
berdasarkan masukan dari guru dan teman
· Siswa
menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan
|
3.7
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks prosedur dengan menyatakan dan
menanyakan tentang resep dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.7
Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis,
berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana.
4.8
Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, pendek
dan sederhana, berbentuk resep dan manual, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis teks prosedur dengan menyatakan
dan menanyakan tentang resep dan manual
Fungsi sosial
Menguraikan cara melakukan sesuatu langkah demi
langkah untuk mencapai hasil terbaik secara efisien, menghindari kecelakaan,
kerusakan, pemborosan.
Struktur
teks
a.
Tujuan
b.
Bahan (tidak selalu harus ada)
c.
Langkah-langkah secara berurut)
Unsur
kebahasaan
(1)
Uraian tindakan dalam Simple Present tense,
biasanya dalam bentuk kalimat imperatif
(2)
Ukuran/takaran
(3)
Adverbia penghubung langkah
(4)
Adverbia dan frasa preposisional untuk cara
(5)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(6)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan.
Topik
Cara memasak, melakukan permainan, menggunakan
atau mengoperasikan peralatan,
mengerjakan proyek, dsb., dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
disiplin, efisien, ramah lingkungan, tanggung jawab.
Multimedia
Foto,
dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
|
Mengamati
· Siswa
membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam
resep dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
· Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisan teks prosedur
· Siswa
belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada
tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai resep dan
manual dalam berbagai konteks
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi
rinci dan kesimpulan dalam teks prosedur.
Mengeksplorasi
· Siswa
membaca/mendengarkan beberapa teks prosedur dari berbagai sumber.
· Siswa
membacakan teks prosedur kepada teman
dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa
berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam
teks prosedur.
· Siswa
secara berkelompok menuliskan teks
prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep dan manual,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
· Secara
berpasangan siswa saling menganalisis teks prosedur yang tulis dengan fokus
pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
membuat kliping resep dan manual dengan menyalin dari beberapa sumber.
· Siswa
membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
3.8. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.9.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu
yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian
yang sedang dilakukan/ terjadi pada
saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang
Fungsi sosial
·
Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /
kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat ini.
· Menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada waktu
lampau.
· Menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada waktu
yang akan datang.
Struktur teks
Menyatakan
dan menanyakan:
a.
Tindakan/ kegiatan /kejadian yang sedang
dilakukan/ terjadi pada saat ini (She is listening to the music, What is she
doing right now?)
b. Tindakan/
kegiatan /kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi di waktu lampau (She was studying English when I came, What was she doing when you came?)
c.
Tindakan/ kegiatan /kejadian yang sedang
dilakukan/ terjadi pada waktu yang
akan datang ( I’ll be doing my homework when you come to home tonight)
Unsur kebahasaan
Kata
kerja to be (be, am, Is , are, was,
were), progressive (styudying, doing, etc); tata bahasa, ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat dengan ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu
yang akan datang.
· Siswa
mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /
kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang
selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang.
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu
yang akan datang yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a. Siswa
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
b. Siswa
berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang
sedang dilakukan/terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dalam
proses pembelajaran.
Mengeksplorasi
· Siswa
membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/
kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang
yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa
membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /
kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang
dalam bahasa Inggris dengan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
· Siswa
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang dengan bahasa Inggris, di dalam
dan di luar kelas.
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan / kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu
yang akan datang dalam jurnal belajarnya.
|
3.9. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu
lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.10.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan
waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan /kejadian
yang sudah/telah dilakukan/ terjadi
di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik
Fungsi sosial
·
Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang sudah/telah dilakukan/terjadi
di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik.
Struktur teks
· Menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik (He had done his assignment, Had he done his assignment?)
Unsur kebahasaan
Kata
kerja had, past participle (Verb 3); tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat dengan ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan
waktu terjadinya secara spesifik.
· Siswa
mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik .
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan /kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu
lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya
antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan dan pertanyaan tentang
tindakan /kegiatan/ kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
c.
Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/
kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play,
dan kegiatanlain yang terstruktur.
d. Siswa
berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/ terjadi di
waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dalam bahasa
Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa
membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara
spesifik dalam bahasa Inggris dengan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
· Siswa
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu
lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris secara spesifik dalam jurnal belajarnya.
|
3.10.
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab
akibat dan hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang hubungan sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan
kebalikan
Fungsi sosial
Menyatakan
dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.
Struktur teks
I
come late. because I got up late. Since he didn’t do the homework, the
teacher gave him other assignment. She is so kind that every body likes her.
Unsur kebahasaan
Kata
penghubung because, since; so ...
that, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan hubungan
sebab akibat dan hubungan kebalikan, dalam berbagai konteks.
· Siswa
mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat
dan hubungan kebalikan. selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang
menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan..
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa menyatakan dan menanyakan hubungan sebab
akibat dan hubungan kebalikan.dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
b. Siswa
berusaha menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan
kebalikan.dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan
hubungan kebalikan. yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa
membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat
dan hubungan kebalikan. dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam
bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
· Siswa
mempresentasikan tulisan mereka yang menggunakan kalimat menyatakan
sebab-akibat
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan.dalam jurnal
belajarnya.
|
3.11.
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks naratif berbentuk
cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12.
Menangkap makna teks naratif, lisan dan tulis,
berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana.
|
Teks lisan dan
tulis dari teks naratif berbentuk
cerita rakyat
Fungsi sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan
nilai-nilai luhur melalui cerita rakyat.
Struktur
teks
a.
Orientasi: menyebutkan tempat dan waktu dan
memperkenalkan tokoh-tokohnya
b.
Evaluasi: terhadap masalah yang dihadapi tokoh
c.
Komplikasi: muncul krisis
d.
Resolusi: krisis berakhir secara baik atau tidak
baik bagi tokoh
Unsur
kebahasaan
(1)
Deskripsi orang, benda, dan uraian
kejadian/peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past tense atau present
tense
(2)
Kalimat langsung dan tidak langsung
(3)
Adverbia penghubung waktu
(4)
Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu
(5)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(6)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan.
Topik Teks
Cerita-cerita
rakyat dari berbagai daerah baik dalam negeri maupun luar yang mengandung
nilai-nilai luhur
Multimedia
Gambar,
dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
|
Mengamati
· Siswa
membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam
teks naratif, lisan dan tulis,
berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
· Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks naratif
· Siswa
belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada
tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa
terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan (past tense
atau present tense, kalimat langsung tak langsung) yang digunakan dalam teks.
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi
rinci dan kesimpulan dalam teks naratif.
Experimen/explore
· Siswa
membaca/mendengarkan beberapa teks naratif dari berbagai sumber.
· Siswa
membacakan teks naratif kepada teman
dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa
berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam
teks naratif.
· Siswa
secara berkelompok menuliskan teks
naratif, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
· Secara
berpasangan siswa saling menganalisis teks naratif dengan fokus pada fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
membuat kliping teks naratif dengan menyalin dan beberapa sumber.
· Siswa
membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
3.12.
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/
kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.13.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya
Fungsi sosial
Menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya.
Struktur teks
Our
school was built in 1970. Rice is grown in our country..
Unsur kebahasaan
Kata
kerja be verb 3; tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dalam
berbagai konteks.
· Siswa
mengikuti interaksi tentang menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/
kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya. selama proses
pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya.
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa
Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
· Siswa menyusun kata-kata menjadi kalimat pasif
· Siswa
membacakan beberapa kalimat pasif
kepada teman
· Siswa
menulis pernyataan dan pertanyaan dalam bentuk pasif
· Siswa
berusaha menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa
perlu menyebutkan pelakunya dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/
kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya yang telah dipelajari dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa
membandingkan antara ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/
kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam bahasa Inggris
dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
· Siswa
mempresentasikan tulisannya yang menggunakan kalimat pasif.
· Mendapatkan
penguatan dari guru dan teman
· Siswa
menuliskan jurnal belajar.
|
3.13.
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual
report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas
IX.
4.14.
Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (report) lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.
4.15.
Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa
alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks ilmiah
faktual (factual report) lisan dan
tulis tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan social
Fungsi sosial
Menguraikan
gambaran umum tentang tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa
alam dan sosial, secara objektif dan ilmiah.
Struktur text
a.
Penyebutan jenis atau golongan dari obyek yang
dipaparkan
b.
Deskripsi obyek termasuk nama, sifat dan
perilaku yang umum ditemukan/ dilihat.
Unsur
kebahasaan
(1)
Penyebutan kata benda umum, singular dan plural
(2)
Kalimat dengan kata kerja be, have, look, need, breed, dll.,
dalam Simple Present tense, atau Simple Past tense jika sudah punah atau
tidak ada lagi.
(3)
Penamaan dengan istilah ilmiah.
(4)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan.
(6)
Rujukan kata
Topik
Benda,
binatang dan gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran
lain di Kelas IX
|
Mengamati
· Siswa
membaca/ mendengarkan/menonton berbagai macam teks ilmiah faktual tentang
orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan
mata pelajaran lain di Kelas IX.
· Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisan teks ilmiah faktual
· Siswa
belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada
tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa
mempertanyakan:
a.
fungsi sosial
b.
struktur teks
c.
penggunaan unsur kebahasaan (present tense dan passive, rujukan kata)
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi
rinci dan kesimpulan dalam teks ilmiah faktual.
Mengeksplorasi
· Siswa
membaca/ mendengarkan beberapa teks faktual report dari berbagai sumber.
· Siswa
membacakan teks factual report kepada
teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa
berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam
teks factual report.
· Siswa
secara berkelompok menuliskan teks factual
report tentang benda, binatang dan
gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
· Secara
berpasangan siswa saling menganalisis teks report teks factual report yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
membuat kliping teks report dengan menyalin dan beberapa sumber.
· Siswa
membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
3.14.
Menyebutkan struktur teks, unsur kebahasaan, dan
fungsi sosial dari teks iklan produk dan jasa, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.16.
Menangkap makna dalam teks iklan produk dan jasa,
sangat pendek dan sederhana.
|
Teks khusus,
lisan dan tulis, berbentuk iklan produk dan jasa
Fungsi sosial
Membaca dan menulis dengan cermat untuk menjalin
hubungan antar pribadi, melakukan tindakan dengan tepat, menghindari
kekeliruan
Struktur text
a.
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
b.
Iklan produk dan jasa, pendek dan sederhana
Unsur
kebahasaan
(1)
Ungkapan dan tata bahasa yang lazim
(2)
Simple Present tense, Future tense
(3)
Penggunaan kata bantu modal yang lazim
(4)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
Topik teks
Obat,
makanan, minuman, barang, jasa, yang lazim atau terkait dengan hidup siswa di
sekolah, rumah, dan masyarakat, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat,
dan ramah lingkungan.
Multimedia
Layout
dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
|
Mengamati
· Siswa
membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam teks iklan produk dan jasa,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
· Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks iklan
· Siswa
belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada
tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Menanya
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa
mempertanyakan:
a. fungsi
sosial
b. struktur
teks
c.
penggunaan unsur kebahasaan (present tense,
future tense)
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi
rinci dan kesimpulan dalam teks iklan.
Mengeksplorasi
· Siswa
membaca/mendengarkan beberapa teks iklan dari berbagai sumber.
· Siswa
membacakan teks iklan kepada teman
dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa
berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam
teks iklan.
· Siswa
secara berkelompok menuliskan teks
iklan pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
· Secara
berpasangan siswa saling menganalisis teks iklan tertulis dengan fokus pada
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa
membuat kliping teks iklan dengan
menyalin dari beberapa sumber.
· Siswa
membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
3.15.
Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu.
4.17.
Menangkap makna lagu.
|
Lagu
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku yang menginspirasi.
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan berbagai lagu berbahasa
Inggris dan menyalinnya
·
Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan
sesuai dengan lagu yang didengar
·
Siswa belajar membaca intensif untuk menemukan informasi rinci dan
menentukan jedah yang tepat untuk membaca bermakna
Menanya
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa
terpancing untuk mempertanyakan pesan
pada lagu yang didengar atau dibaca.
·
Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi
rinci dan kesimpulan dalam lagu
Mengeksplorasi
·
Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan
tekanan kata yang tepat
·
Siswa belajar menemukan informasi rinci dan
kesimpulan dari lagu
·
Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang
pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca
Mengasosiasi
·
Siswa dalam kelompok menganalisis pesan dari lagu
yang didengar/dibaca
·
Siswa membuat beberapa catatan
Mengomunikasikan
·
Siswa menyalin lagu dengan tulisan yang rapi
dan menuliskan pesan yang disampaikan
dalamnya.
· Siswa
melaporkan hal-hal yang dipelajari dari lagu dan kesulitan dalam menentukan
pesan lagu tersebut.
|
No comments:
Post a Comment