RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 1 Sukadana
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi Pokok : Our busy roads
Kelas /Semester : VIII
Alokasi Waktu : 12 JP (6 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menunjukkan
perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan
profesi
KI 2 : Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan
sederhana
KI 3 : Berkomunikasi
secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri,
keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang
terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah,
sekolah, dan masyarakat
KI 4 : Menyususn
teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks
secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan
lancar
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.6 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan there is/are)
|
3
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
3.6.1 Mengidentifikasi
fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang,
benda, binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.6.2 Menyebutkan
tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.6.3 Menyebutkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.6.4 Menyebutkan
tindakan
memberi dan meminta informasi terkait binatang, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4
4.6 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang,
benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.6.1
Menulis teks
interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang,
benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
Ø Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
orang di kelas dan disekolah
Ø Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan di sekolah
Ø Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang di kelas dan di sekolah, sesuai dengan konteks
penggunaannya
Ø Mengidentifikasi ketepatan dalam menggunakan unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
orang di kelas dan disekolah
Ø Menulis teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan di sekolah dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
2.
Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
Ø Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
orang di rumah dan sekitarnya
Ø Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan di sekitarnya
Ø Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang di rumah dan di sekitarnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
Ø Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
orang di rumah dan sekitarnya
Ø Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di rumah dan di sekitarnya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
3.
Pertemuan Ketiga
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
Ø Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
binatang
Ø Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
Ø Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
binatang
Ø Menulis teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.
Pertemuan Keempat
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
Ø Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
binatang dilingkungan sekitar
Ø Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan binatang di lingkungan sekitar
Ø Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait binatang di lingkungan sekitar, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
binatang dilingkungan sekitar
Ø Menulis teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang di lingkungan sekitar, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
5.
Pertemuan Kelima
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
Ø Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
benda di kelas dan disekolah
Ø Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan benda di kelas dan di sekolah di
lingkungan sekitar
Ø Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait benda di kelas dan di sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
benda di kelas dan disekolah
Ø Menulis teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan benda di kelas dan di sekolah dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
6.
Pertemuan Keenam
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
Ø Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
benda di rumah dan sekitarnya
Ø Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan benda di rumah dan di sekitarnya
Ø Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait benda di rumah dan sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan
benda di rumah dan sekitarnya.
Ø Menulis teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan, benda, di rumah dan sekitarnya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
Fokus
nilai-nilai
sikap
ª Peduli
ª Jujur
berkarya
ª Tanggung
jawab
ª Toleran
ª Kerjasama
ª Proaktif
ª kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a.
Fakta:
ª Unsur
kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan
orang, binatang, benda, di kelas,
sekolah, rumah, dan sekitarnya
b.
Konsep
ª Menjelaskan fungsi sosial interpersonal dan struktur teks dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di
kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
ª menjelaskan unsur kebahasaan dalam
tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di
kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
c.
Prinsip
ª Menganalisis struktur teks dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang,
benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
ª menganalisis unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang,
benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
d.
Prosedur
ª Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang, benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
2. Materi pembelajaran remedial
·
Menentukan informasi rinci dari teks
undangan pribadi
·
Membuat kartu undangan pribadi
3. Materi pembelajaran pengayaan
· Menyatakan
dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak
tertentu
E.
MetodePembelajaran
© Pendekatan : Scientific Learning
© Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
© Metode : Ceramah, Diskusi, dan Penugasan
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat, Bahan Pembelajaran
a. Media
LCD projector,
b. Laptop,
c. Bahan
Tayang
2.
Sumber Belajar:
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. VIII Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
b.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. VIII Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
c.
Buku
teks pelajaran yang
relevan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
( 4 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
ª Fungsi
sosial hubungan interpersonal teks khusus greeting card (kejuaraan)
ª Struktur
teks greeting card (kejuaraan)
ª Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
ª Unsur
kebahasaan ungkapan a.l. Congratulations. Well done. Good job pada greeting
card (kejuaraan)
ª Ketepatan
menggunakan unsur kebahasaan dalam teks greeting card (kejuaraan)
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Fungsi
sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
ª Unsur
kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan
menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel
berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
v
Membaca (dilakukan
di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v
Mengumpulkan
informasi (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan
mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter))
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
materi pokok yaitu
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v
Aktivitas
(4C)
v
Mempraktikan
v
Mendiskusikan
(Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah (Literasi) dengan cermat (Karakter))
v
Saling
tukar informasi tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan
disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
|
|
110
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
ª Fungsi
sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
ª Unsur
kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan
menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Fungsi
sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
ª Unsur
kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan
menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel
berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
v
Membaca (dilakukan
di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui
kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v
Mengumpulkan
informasi (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan
mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter))
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
materi pokok yaitu
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v
Aktivitas
(4C)
v
Mempraktikan
v
Mendiskusikan
(Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah (Literasi) dengan cermat (Karakter))
v
Saling
tukar informasi tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan
sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
|
|
110
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
ª Fungsi
sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
ª Unsur
kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan
menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Fungsi
sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
ª Unsur
kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan
menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keberadaan binatang
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
ª It is about the situation in a zoo, isn’t it?.”
ª “Now, let’s identify! How many animals are there? What are they?”
ª “Do you see any visitors? How many visitors are there?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v
Mengumpulkan
informasi (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan
mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter))
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi
pokok yaitu
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v Aktivitas (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
penyelesaian masalah (Literasi)
dengan cermat (Karakter))
ª Peserta didik diminta membaca
kembali percakapan yang terdapat pada buku
v
Mempraktikan
v
Mendiskusikan
(Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah (Literasi) dengan cermat (Karakter))
v
Saling
tukar informasi tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan binatang
|
|
110
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
1) Obeservasi
( Jurnal )
2) Penilaian
Diri
3) Penilaian
Antar Teman
b.
Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
c.
Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan
sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/
kelompok
3) Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan Pertama
(Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai
KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas
dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum
mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik
yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai
berikut.
ª Menyusun teks lisan
sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek
pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan
pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai
materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas
mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai
kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang
membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Penggunaan ungkapan
rewarding someone’s work
……………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment