Tuesday 18 September 2018

RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 KURTILAS REVISI 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 Sukadana
Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris
Materi Pokok              :  Our busy roads
Kelas /Semester          :  VIII
Alokasi Waktu                        :  12 JP (6 Pertemuan)

A.       Kompetensi Inti
KI 1   :      Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi
KI 2   :      Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana
KI 3   :      Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
KI 4   :      Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan there is/are)

3.6.1     Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.6.2     Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.6.3     Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.6.4     Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.1        Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
Ø  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan di sekolah
Ø  Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan di sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø  Mengidentifikasi ketepatan dalam menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
Ø  Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan di sekolah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

2.      Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
Ø  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan di sekitarnya
Ø  Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan di sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø  Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
Ø  Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan di sekitarnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.      Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
Ø  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
Ø  Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø  Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
Ø  Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.      Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang dilingkungan sekitar
Ø  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang di lingkungan sekitar
Ø  Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait binatang di lingkungan sekitar, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø  Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang dilingkungan sekitar
Ø  Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang di lingkungan sekitar, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

5.      Pertemuan Kelima
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di kelas dan disekolah
Ø  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di kelas dan di sekolah di lingkungan sekitar
Ø  Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda di kelas dan di sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø  Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di kelas dan disekolah
Ø  Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di kelas dan di sekolah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

6.      Pertemuan Keenam
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di rumah dan sekitarnya
Ø  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di rumah dan di sekitarnya
Ø  Menyebutkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda di rumah dan sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Ø  Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan benda di rumah dan sekitarnya.
Ø  Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan, benda, di rumah dan sekitarnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Fokus nilai-nilai sikap
ª  Peduli
ª  Jujur berkarya
ª  Tanggung jawab
ª  Toleran
ª  Kerjasama
ª  Proaktif
ª  kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a.      Fakta:
ª  Unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
b.      Konsep
ª  Menjelaskan fungsi sosial interpersonal dan struktur teks dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
ª  menjelaskan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
c.       Prinsip
ª  Menganalisis struktur teks dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
ª  menganalisis unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terhadap keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
d.      Prosedur
ª  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

2.      Materi pembelajaran remedial
·   Menentukan informasi rinci dari teks undangan pribadi
·   Membuat kartu undangan pribadi
3.      Materi pembelajaran pengayaan
·   Menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu

E.     MetodePembelajaran
©  Pendekatan                  :  Scientific Learning
©  Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
©  Metode                                    :  Ceramah, Diskusi, dan Penugasan

F.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat, Bahan Pembelajaran
a.       Media LCD projector,
b.      Laptop,
c.       Bahan Tayang
2.      Sumber Belajar:
                           a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                          b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
                           c.      Buku teks pelajaran yang relevan

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Fungsi sosial hubungan interpersonal teks khusus greeting card (kejuaraan)
ª  Struktur teks greeting card (kejuaraan)
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Unsur kebahasaan ungkapan a.l. Congratulations. Well done. Good job pada greeting card (kejuaraan)
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam teks greeting card (kejuaraan)
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter))
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Aktivitas (4C)
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah  (Literasi) dengan cermat (Karakter))
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
110
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit
   
         
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di kelas dan disekolah
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter))
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Aktivitas (4C)
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah  (Literasi) dengan cermat (Karakter))
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
110
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang di rumah dan sekitarnya
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
ª It is about the situation in a zoo, isn’t it?.”
ª “Now, let’s identify! How many animals are there? What are they?”
ª “Do you see any visitors? How many visitors are there?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter))
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Aktivitas (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam penyelesaian masalah  (Literasi) dengan cermat (Karakter))
ª Peserta didik diminta membaca kembali percakapan yang terdapat pada buku
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah  (Literasi) dengan cermat (Karakter))
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai dan menaggapi tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Unsur kebahasaan ungkapan There is/are
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan binatang
110
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Sikap
1)      Obeservasi ( Jurnal )
2)      Penilaian Diri
3)      Penilaian Antar Teman
b.      Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
c.       Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
ª  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk,
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª  Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª  Penggunaan ungkapan rewarding someone’s work



                                                                                                   ……………, 17 Juli 2017

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                                   Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.




No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...