Tuesday 25 September 2018

KISI-KISI SKI KELAS 8 MTS


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 2018/2019


SatuanPendidikan                                  : Madrasah Tsanawiyah                                       
Mata Pelajaran                                         : SejarahKebudayaan Islam
Kelas                                                                : VIII
Semester                                                      : Ganjil

KompetensiInti                                        :
KI-1
:
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
 dengan lingkungan  Sosialdanalamdalamjang kauanpergaulan dankeberadaannya.
KI-3
:
Memahamipengetahuan (faktual, konseptualdanprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, senibudayaterkaitfenomena
dankejadiantampakmata.
KI-4
:
Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yangdipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori


KOMPETENSI
DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
LEVEL
KOGNITIF
BENTUK
SOAL
NO
SOAL
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
3.1. Memahami sejarah berdirinya
dinasti Bani Abbasiyah
sejarah berdirinya
dinasti Bani Abbasiyah
Ø  disajikan kronologis runtuhnya dinasti umayah, peserta didik dapat mengidentifikasi sebab-sebab runtuhnya dinasti umayah dengan tepat

Ø  disajikan nama-nama khlifah dinasti umayah , peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah terakhir dinsti Umayah dengan benar

Ø  disajikan kondisi akhir dinasti umayah, peserta didik dapat mengidentifikasi tempat pertempuran dinasti umayah dengan gerakan bani abbas dengan benar

Ø  disajikan latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi alasan penamaan dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan proses terbentuknya dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi masa kekuasaan dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan proses berdirinya dinasti abbasiyah, peserta didik dapat menganalisis latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  peserta didik dapat menjelaskan lamgkah-langkah yang ditempuh bani abbas untuk mendirikan dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan fase-fase gerakan bani abbas, peserta didik dapat mengidentifikasi  salah satu nama fase gerakan bani abbas dengan benar

Ø  disajikan kondisi gerakan bani abbas pada masa fase pembentukan opini publik, peserta didik dapat mengidentifikasi nama tokoh pada pase pembentukan opini publik dengan benar

Ø  disajikan kondisi pertempuran antara dinasti umayah dengan bani abbas, peserta didik dapat mengidentifikasi alasan khalifah terakhir dinasti umayah melarikan diri dari pertempuran dengan benar

Ø  disajikan biografi abu abbas as-safah, peserta didik dapat mengidentifikasi arti gelar as-saffah dengan benar

Ø  disajikan silsilah bani abbas, peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah abbasiyah yang merupakan bapak dari semua khalifah abbasiyah

Ø  disajikan periode-periode kekuasaan dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi umat islam pada periode I dengan benar

Ø  disajikan nama-nama khalifah dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah terkenal dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan kondisi abbasiyah pada masa khalifah abu Jafar al-mansur, peserta didik dapat mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dalam pemerintahannya dengan benar

Ø  disajikan langkah-langkah Abu Jafar al-mansur , peserta didik dapat menganalisis bukti kemajuan pengembangan ilmu pengetahuan dengan tepat

Ø  disajikan kepribadian Harun Ar-Rasyid, peserta didik dapat menganalisis sifat  yang dimiliki oleh Harun Ar-Rasyid dengan tepat

Ø  disajikan usaha-usaha harun Ar-Rasyid, peserta didik dapat menganalisis usaha Harun Ar-Rasyid untuk memajukan ilmu pengetahuan dengan benar

Ø  disajikan kemajuan-kemajuan Harun Ar-Rasyid peserta didik dapat menjelaskan sebutan pada masa Harun Ar-Rasyid dengan benar

Ø  disajikan kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan  pada masa  Al-Makmun, peserta didik dapat mengidentifikasi nama penerjemah termasyhur pada masa Al-Makmun dengan benar

Ø  disajikan  usaha-usaha Al-Makmun, peserta didik dapat mengidentifikasi lembaga keagamaan yang dibangun pada masa Al-Makmun dengan benar

Ø  disajikan kepribadian khalifah besar dinasti abbasiyah, peserta didik dapat menerapkan sikap positip dari para khalifah besar dinasti Abbasiyah dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat


PG

       PG


PG



PG


PG


PG


ESSAY


PG


PG



PG


PG



PG


PG


PG


PG



PG



PG


PG


       PG


PG



PG


PG



1

2


3



4


5


6


41


7


8



9


10



11


12


13


14



15



16


17


18


19



20


21
3.2. Memahami perkembangan
       kebudayaan/peradaban   Islam
      pada masa dinasti Bani Abbasiyah
Perkembangan
keb   kebudayaan/peradaban   Islam
pada masa dinasti Bani Abbasiyah
Ø   disajikan kebijakan dinasti abbasiyah untuk menciptakan keadilan sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi nama bidang  kemajuan  untuk menciptakan keadilan sosial dengan benar

Ø  disajikan bentuk mata uang dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama khalifah yang pertama mengeluarkan dinar/  mata uang  pada masa dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan kemajuan budaya pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik mengidentifikasi sistim budaya pada masa dinasti abbasiyah dengan tepat

Ø  disajikan kemajuan dibidang sastra pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu prosa yang terkenal pada masa dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan kegemilangan dinasti abbasiyah, peserta didik dapat menganalisis contoh nilai positif dari kegemilangan dinasti abbasiyah dengan tepat

Ø  peserta didik dapat mengidentifikasi kegemilangan dan pencapaian kejayaan peradaban islam pada masa dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan kepribadian penyair terkenal dinasti abbasiyah peserta didik dapat mengidentifikasi nama penyair terkenal pada masa dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian kelas masyarakat pada masa dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  peserta didik dapat mengidentifikasi sebab-sebab keruntuhan dinasti Abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan kemajuan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah, peserta didik dapat menganalisis nilai positif dari kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah dengan benar


PG



PG



PG


       PG



PG


ESSAY


PG



ESSAY


ESSAY



PG
22



23



24


25



26


42


27



43


44



28

3.3. Mengidentifikasi tokoh  ilmuwan
muslim seperti Ali bin  Rabban at-
Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli
kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali,
Ibnu Maskawaih (ahli filsafat),
Jabir bin Hayyan ahli kimia),
Muhammad bin Musa al-
Khawarizmi (ahli astronomi) dan
perannya dalam kemajuan
kebudayaan/ peradaban    Islam
pada masa dinasti Bani Abbasiyah
tokoh  ilmuwan
muslim seperti Ali bin  Rabban at-
Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli
kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali,
Ibnu Maskawaih (ahli filsafat),
Jabir bin Hayyan ahli kimia),
Muhammad bin Musa al-
Khawarizmi (ahli astronomi) dan
perannya dalam kemajuan
kebudayaan/ peradaban    Islam
pada masa dinasti Bani Abbasiyah
Ø   disajikan isi buku Firdaus Al-Hikam, peserta didik dapat mengidentifikasi nama ilmuwan yang menulis buku Firdaus Al-Hikam dengan tepat

Ø   disajikan beberapa hasil karya ilmuwan dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi hasil karya Ibnu Sina dengan benar

Ø   disajikan biografiAL-kindi, peserta didik dapat mengidentifikasi bidang ilmu yang dikuasainya dengan benar

Ø   disajikan tabel nama ilmuwan dengan hasil karyanya, peserta didik dapat menganalisis kesesuaian antara ilmuwan dengan bidang ilmu yang dikuasainya dengan tepat

Ø   disajikan data nama ilmuwan dengan bidang ilmunya, peserta didik dapat  menganalisis kesesuain natara ilmuwan dengan bidang ilmunya dengan tepat

Ø   peserta didik dapat menganalisis hubungan ilmuwan dan ulama dengan para khalifah dalam memajukan peradaban islam pada masa dinasti abbasiyah dengan tepat

PG


PG


PG


PG



PG



ESSAY
29


30


31


32



33



45
3.4. Mengidentifikasi para ulama’
penyusun kutubussittah (ahli
hadis), empat imam mazhab (ahli
fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir
(ahli tafsir) dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa dinasti Bani
Abbasiyah
para ulama’
penyusun kutubussittah (ahli
hadis), empat imam mazhab (ahli
fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir
(ahli tafsir) dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa dinasti Bani
Abbasiyah
Ø  disajikan hasil karya ulama hadits pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama hasil karya enam ulama ahli hadits pada masa dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan ulama- ulama pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama ilmuwan bidang fiqih dengan benar

Ø  disajikan kitab-kitab fiqih, peserta didik dapat mengidentifikasi hasil karya imam Syafií dengan benar

Ø  disajikan ulama-ulama pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama ulama bidang tafsir dengan benar

Ø  disajikan data nama-nama ulama dan bidang ilmunya, peserta didik dapat menganalisis kesesuaian antara ulama dan bidang ilmunya dengan tepat

Ø  disajikan kehidupan para ulama, peserta didik dapat menerapkan sikap positif  dari para ilmuwan dan ulama dinasti abbasiyah dengan benar

Ø  disajikan kehidupan ilmuwan dan ulama dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi ketelaladanan dari para ulama dan ilmuwan dinasti Abbasiyah dengan benar


PG



PG


PG


PG


PG


PG



PG
34



35


36


37


38


39



40

No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...