KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR
SEMESTER ( PAS ) TP 2018/2019
SatuanPendidikan : Madrasah
Tsanawiyah
Mata Pelajaran :
SejarahKebudayaan Islam
Kelas :
VIII
Semester :
Ganjil
KompetensiInti :
KI-1
|
:
|
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang
dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menghargaidanmenghayatiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif
dengan
lingkungan Sosialdanalamdalamjang kauanpergaulan
dankeberadaannya.
|
KI-3
|
:
|
Memahamipengetahuan (faktual,
konseptualdanprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan,
teknologi, senibudayaterkaitfenomena
dankejadiantampakmata.
|
KI-4
|
:
|
Mencoba, mengolah,
danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat)
danranahabstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yangdipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
3.1.
Memahami sejarah berdirinya
dinasti
Bani Abbasiyah
|
sejarah
berdirinya
dinasti Bani Abbasiyah
|
Ø disajikan
kronologis runtuhnya dinasti umayah, peserta didik dapat mengidentifikasi
sebab-sebab runtuhnya dinasti umayah dengan tepat
Ø disajikan
nama-nama khlifah dinasti umayah , peserta didik dapat mengidentifikasi
khalifah terakhir dinsti Umayah dengan benar
Ø disajikan
kondisi akhir dinasti umayah, peserta didik dapat mengidentifikasi tempat
pertempuran dinasti umayah dengan gerakan bani abbas dengan benar
Ø disajikan
latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah, peserta didik dapat
mengidentifikasi alasan penamaan dinasti abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
proses terbentuknya dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi
masa kekuasaan dinasti abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
proses berdirinya dinasti abbasiyah, peserta didik dapat menganalisis latar
belakang berdirinya dinasti abbasiyah dengan benar
Ø peserta
didik dapat menjelaskan lamgkah-langkah yang ditempuh bani abbas untuk
mendirikan dinasti abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
fase-fase gerakan bani abbas, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu nama fase gerakan bani abbas
dengan benar
Ø disajikan
kondisi gerakan bani abbas pada masa fase pembentukan opini publik, peserta
didik dapat mengidentifikasi nama tokoh pada pase pembentukan opini publik
dengan benar
Ø disajikan
kondisi pertempuran antara dinasti umayah dengan bani abbas, peserta didik
dapat mengidentifikasi alasan khalifah terakhir dinasti umayah melarikan diri
dari pertempuran dengan benar
Ø disajikan
biografi abu abbas as-safah, peserta didik dapat mengidentifikasi arti gelar
as-saffah dengan benar
Ø disajikan
silsilah bani abbas, peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah abbasiyah
yang merupakan bapak dari semua khalifah abbasiyah
Ø disajikan
periode-periode kekuasaan dinasti abbasiyah, peserta didik dapat
mengidentifikasi kondisi umat islam pada periode I dengan benar
Ø disajikan
nama-nama khalifah dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi
khalifah terkenal dinasti abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
kondisi abbasiyah pada masa khalifah abu Jafar al-mansur, peserta didik dapat
mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dalam pemerintahannya dengan benar
Ø disajikan
langkah-langkah Abu Jafar al-mansur , peserta didik dapat menganalisis bukti kemajuan
pengembangan ilmu pengetahuan dengan tepat
Ø disajikan
kepribadian Harun Ar-Rasyid, peserta didik dapat menganalisis sifat yang dimiliki oleh Harun Ar-Rasyid dengan
tepat
Ø disajikan
usaha-usaha harun Ar-Rasyid, peserta didik dapat menganalisis usaha Harun
Ar-Rasyid untuk memajukan ilmu pengetahuan dengan benar
Ø disajikan
kemajuan-kemajuan Harun Ar-Rasyid peserta didik dapat menjelaskan sebutan
pada masa Harun Ar-Rasyid dengan benar
Ø disajikan
kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan pada masa
Al-Makmun, peserta didik dapat mengidentifikasi nama penerjemah
termasyhur pada masa Al-Makmun dengan benar
Ø disajikan
usaha-usaha Al-Makmun, peserta didik
dapat mengidentifikasi lembaga keagamaan yang dibangun pada masa Al-Makmun
dengan benar
Ø disajikan
kepribadian khalifah besar dinasti abbasiyah, peserta didik dapat menerapkan
sikap positip dari para khalifah besar dinasti Abbasiyah dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat
|
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
6
41
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
|
3.2.
Memahami perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam
pada masa dinasti
Bani Abbasiyah
|
Perkembangan
keb kebudayaan/peradaban Islam
pada masa dinasti Bani Abbasiyah
|
Ø disajikan kebijakan dinasti abbasiyah untuk
menciptakan keadilan sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi nama
bidang kemajuan untuk menciptakan keadilan sosial dengan
benar
Ø disajikan
bentuk mata uang dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama
khalifah yang pertama mengeluarkan dinar/
mata uang pada masa dinasti
abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
kemajuan budaya pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik mengidentifikasi
sistim budaya pada masa dinasti abbasiyah dengan tepat
Ø disajikan
kemajuan dibidang sastra pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi
salah satu prosa yang terkenal pada masa dinasti abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
kegemilangan dinasti abbasiyah, peserta didik dapat menganalisis contoh nilai
positif dari kegemilangan dinasti abbasiyah dengan tepat
Ø peserta
didik dapat mengidentifikasi kegemilangan dan pencapaian kejayaan peradaban
islam pada masa dinasti abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
kepribadian penyair terkenal dinasti abbasiyah peserta didik dapat
mengidentifikasi nama penyair terkenal pada masa dinasti abbasiyah dengan
benar
Ø peserta
didik dapat mengidentifikasi pembagian kelas masyarakat pada masa dinasti
abbasiyah dengan benar
Ø peserta
didik dapat mengidentifikasi sebab-sebab keruntuhan dinasti Abbasiyah dengan
benar
Ø disajikan
kemajuan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah, peserta
didik dapat menganalisis nilai positif dari kebudayaan / peradaban Islam pada
masa Dinasti Abbasiyah dengan benar
|
|
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
PG
ESSAY
ESSAY
PG
|
22
23
24
25
26
42
27
43
44
28
|
3.3.
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim
seperti Ali bin Rabban at-
Tabari,
Ibnu Sina, ar-Razi (ahli
kedokteran),
Al-Kindi, Al-Gazali,
Ibnu
Maskawaih (ahli filsafat),
Jabir
bin Hayyan ahli kimia),
Muhammad
bin Musa al-
Khawarizmi
(ahli astronomi) dan
perannya
dalam kemajuan
kebudayaan/
peradaban Islam
pada masa dinasti Bani Abbasiyah
|
tokoh ilmuwan
muslim seperti Ali bin Rabban at-
Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli
kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali,
Ibnu Maskawaih (ahli filsafat),
Jabir
bin Hayyan ahli kimia),
Muhammad
bin Musa al-
Khawarizmi (ahli astronomi) dan
perannya
dalam kemajuan
kebudayaan/ peradaban Islam
pada masa dinasti Bani Abbasiyah
|
Ø disajikan
isi buku Firdaus Al-Hikam, peserta didik dapat mengidentifikasi nama ilmuwan
yang menulis buku Firdaus Al-Hikam dengan tepat
Ø disajikan
beberapa hasil karya ilmuwan dinasti abbasiyah, peserta didik dapat
mengidentifikasi hasil karya Ibnu Sina dengan benar
Ø disajikan
biografiAL-kindi, peserta didik dapat mengidentifikasi bidang ilmu yang
dikuasainya dengan benar
Ø disajikan
tabel nama ilmuwan dengan hasil karyanya, peserta didik dapat menganalisis
kesesuaian antara ilmuwan dengan bidang ilmu yang dikuasainya dengan tepat
Ø disajikan
data nama ilmuwan dengan bidang ilmunya, peserta didik dapat menganalisis kesesuain natara ilmuwan
dengan bidang ilmunya dengan tepat
Ø peserta
didik dapat menganalisis hubungan ilmuwan dan ulama dengan para khalifah
dalam memajukan peradaban islam pada masa dinasti abbasiyah dengan tepat
|
|
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
29
30
31
32
33
45
|
3.4.
Mengidentifikasi para ulama’
penyusun
kutubussittah (ahli
hadis),
empat imam mazhab (ahli
fikih),
Imam At-Tabari, Ibnu Katsir
(ahli
tafsir) dan perannya dalam
kemajuan
kebudayaan/peradaban
Islam
pada masa dinasti Bani
Abbasiyah
|
para
ulama’
penyusun
kutubussittah (ahli
hadis),
empat imam mazhab (ahli
fikih),
Imam At-Tabari, Ibnu Katsir
(ahli
tafsir) dan perannya dalam
kemajuan
kebudayaan/peradaban
Islam
pada masa dinasti Bani
Abbasiyah
|
Ø disajikan
hasil karya ulama hadits pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat
mengidentifikasi nama hasil karya enam ulama ahli hadits pada masa dinasti
abbasiyah dengan benar
Ø disajikan
ulama- ulama pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat
mengidentifikasi nama ilmuwan bidang fiqih dengan benar
Ø disajikan
kitab-kitab fiqih, peserta didik dapat mengidentifikasi hasil karya imam
Syafií dengan benar
Ø disajikan
ulama-ulama pada masa dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi
nama ulama bidang tafsir dengan benar
Ø disajikan
data nama-nama ulama dan bidang ilmunya, peserta didik dapat menganalisis
kesesuaian antara ulama dan bidang ilmunya dengan tepat
Ø disajikan
kehidupan para ulama, peserta didik dapat menerapkan sikap positif dari para ilmuwan dan ulama dinasti abbasiyah
dengan benar
Ø disajikan
kehidupan ilmuwan dan ulama dinasti abbasiyah, peserta didik dapat mengidentifikasi
ketelaladanan dari para ulama dan ilmuwan dinasti Abbasiyah dengan benar
|
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
34
35
36
37
38
39
40
|
No comments:
Post a Comment