Sunday 23 September 2018

KISI-KISI MAPEL IPS PAS 2018 KELAS 9


KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MADRASAH TSANAWIYAH

Mata Pelajaran    :  IPS

Kelas / Semester   :  IX / I (KURIKULUM 2013-REVISI 2017 )

Tahun Pelajaran   :  2018/2019

Jumlah Soal          :  40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian

 


Kompetensi Inti :

1.        KI1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        KI2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        KI3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.
4.        KI4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

No
Kompetensi Inti
Kompetensi dasar
Materi
Indikator
No. Soal
Jenis Soal
1.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.
u  Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya
1.        Peserta didik dapat mengidentifikasi latar belakang pemisahan antara benua Asia dan Eropa (Eurasia).
1
PG
2.        Disajikan gambar, peserta didik dapat menujukan satu benua yang ada diantara benua-benua di dunia.
2
PG
3.         Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi batas-batas satu benua di dunia.
3
PG
4.         Peserta didik dapat menjelaskan alasan benua Eropa dikenal dengan istilah benua biru. (Hots)
4
PG
5.         Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang masuk ke wilayah atau region Asia Tenggara.
41
Essay
6.        Disajikan sebuah tabel, Peserta didik dapat mengidentifikasi tempat-tempat eksotis dan terkenal di benua Amerika.
5
PG
7.        Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tempat kering dan tandus yang ada di wilayah Afrika bagian utara.
6
PG
8.        Peserta didik dapat mengidentifikasi suku asli yang mendiami benua Australila sebelum bangsa Eropa datang.
7
PG
u  Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia
9.        Disajikan tabel, peserta didik dapat menyebutkan empat pulau utama yang terdapat di Jepang.
8
PG
10.     Peserta didik dapat menjelaskan kondisi geologi jepang yang rawan terhadap adanya gempa bumi. (Hots)
9
PG
11.     Peserta didik dapat mengidentifikasi sungai terbesar di Amerika Serikat yang mempengaruhi kehidupan penduduknya.
10
PG
12.     Peserta didik dapat menjelaskan alasan bahwa pantai barat Inggris memiliki curah hujan lebih besar dari bagian wilayah Inggris lainnya. (Hots).
42
Essay
13.     Peserta didik dapat menyebutkan satu kota (wilayah) yang menjadi titik acuan garis bujur 00 di Inggris.
11
PG
14.     Disajikan Tabel. peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis fauna khas yang hidup dan berkembang di Australia.
12
PG
15.     Peserta didik dapat mengidentifikasi terusan yang menghubungkan laut Mediterania dengan laut Merah dan samudra Hindia. 



13
PG
u  Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia
16.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 indikator unuk mengukur kualitas penduduk dengan menggunakan ukuran Human Develovement Index (HDI)/ Indeks Pembangunan Manusia (IPM). (Hots)
14
PG
17.     Peserta didik dapat mengidentifikasi penduduk Asia yang termasuk golongan usia produktif.
15
PG
18.     Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang ada di wilayah Amerika Selatan.
16
PG
19.     Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi negara di Amerika Selatan yang menggunakan bahasa Spanyol.
17
PG
20.     Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi 5 suku bangsa yang mendiami benua Eropa. (Hots)
18
PG
21.     Peserta didik dapat menyebutkan benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi.
19
PG
22.     Peserta didik dapat menjelaskan alasan penduduk bagian pedalaman benua lebih rendah tingkat kepadatannya dibandingkan pesisir benua. (Hots)
20
PG
23.     Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi wilayah yang menggunakan salah satu kelompok bahasa di wilayah Afrika.
21
PG
u  Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya
24.     Peserta didik dapat menjelaskan dampak interaksi desa dan kota di Asia dan benua lainnya baik secara ekonomi, sosial, budaya, politik dan pendidikan.


43
Essay
25.     Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh interaksi keruangan antara kota dan desa.
22
PG
26.     Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antar negara terhadap kehidupan sosial.
23
PG
27.     Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antar negara terhadap kehidupan budaya.
24
PG
28.     Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antar negara terhadap pendidikan.
25
PG
3.2  Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
u  Perubahan Sosial Budaya
29.     Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian dari Perubahan Sosial menurut Soerjono Soekanto (2014).
26
PG
30.     Peserta didik dapat menyebutkan contoh penyebab perubahan sosial budaya karena perubahan lingkungan alam.
27
PG
31.     Peserta didik dapat menjelaskan istilah perubahan sosial yang cepat tentang hal-hal yang mendasar dalam masyarakat.
28
PG
32.     Peserta didik dapat mengidentifikasi akibat adanya revolusi Inggris (industri) terhadap berbagai bidang kehidupan bagi negaranya dan negara lain.
44
Essay
33.     Disajikan gambar hasil pembangunan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya yang direncanakan .
29
PG
34.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab perubahan sosial budaya.



30
PG
35.     Peserta didik dapat menjelaskan istilah dari bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif. (Hots)
31
PG
36.     Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh bentuk perubahan sosial budaya akibat penemuan baru.
32
PG
37.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi proses pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya..
33
PG
38.     Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penghambat terjadinya perubahan sosial budaya.
45
Essay
39.     Peserta didik dapat menyebutkan masyarakat di daerah banten yang memiliki sikap tradisional dengan mengisolasi diri dari dunia modern.
34
PG
40.     Peserta didik dapat menyebutkan istilah pola prilaku bagi anggota masyarakat yang dilakukan berulang-ulang untuk memenuhi kebutuhan pokok. (Hots)
35
PG
u  Globalisasi
41.     Peserta didik dapat menjelaskan istilah dari Globalisasi
36
PG
42.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri yang menandai globalisasi ekonomi.
37
PG
43.     Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mendorong terjadinya globalisasi di bidang transportasi.





38
PG
44.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif dari globalisasi.
39
PG
45.     Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif dari adanya globalisasi
40
PG

No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...