KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MADRASAH TSANAWIYAH
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : IX / I (KURIKULUM 2013-REVISI 2017 )
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Jumlah Soal : 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian
Kompetensi Inti :
1.
KI1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2.
KI2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
KI3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
KI4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Jenis Soal
|
1.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Menelaah
perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua
lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.
|
u Letak dan Luas Benua
Asia dan Benua Lainnya
|
1.
Peserta didik dapat mengidentifikasi latar
belakang pemisahan antara benua Asia dan Eropa (Eurasia).
|
1
|
PG
|
2.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menujukan
satu benua yang ada diantara benua-benua di dunia.
|
2
|
PG
|
||||
3.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi batas-batas satu benua di dunia.
|
3
|
PG
|
||||
4.
Peserta didik dapat
menjelaskan alasan benua Eropa dikenal dengan istilah benua biru. (Hots)
|
4
|
PG
|
||||
5.
Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara
yang masuk ke wilayah atau region Asia Tenggara.
|
41
|
Essay
|
||||
6.
Disajikan sebuah tabel, Peserta didik dapat
mengidentifikasi tempat-tempat eksotis dan terkenal di benua Amerika.
|
5
|
PG
|
||||
7.
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tempat
kering dan tandus yang ada di wilayah Afrika bagian utara.
|
6
|
PG
|
||||
8.
Peserta didik dapat mengidentifikasi suku asli
yang mendiami benua Australila sebelum bangsa Eropa datang.
|
7
|
PG
|
||||
u Kondisi Alam Negara-Negara
di Dunia
|
9.
Disajikan tabel, peserta didik dapat menyebutkan
empat pulau utama yang terdapat di Jepang.
|
8
|
PG
|
|||
10.
Peserta didik dapat
menjelaskan kondisi geologi jepang yang rawan terhadap adanya gempa bumi.
(Hots)
|
9
|
PG
|
||||
11. Peserta didik dapat mengidentifikasi sungai terbesar di Amerika Serikat
yang mempengaruhi kehidupan penduduknya.
|
10
|
PG
|
||||
12.
Peserta didik dapat
menjelaskan alasan bahwa pantai barat Inggris memiliki curah hujan lebih
besar dari bagian wilayah Inggris lainnya. (Hots).
|
42
|
Essay
|
||||
13. Peserta didik dapat menyebutkan satu kota (wilayah) yang menjadi titik
acuan garis bujur 00 di Inggris.
|
11
|
PG
|
||||
14. Disajikan Tabel. peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis fauna
khas yang hidup dan berkembang di Australia.
|
12
|
PG
|
||||
15. Peserta didik dapat mengidentifikasi terusan yang menghubungkan laut
Mediterania dengan laut Merah dan samudra Hindia.
|
13
|
PG
|
||||
u Dinamika Penduduk
Benua-Benua di Dunia
|
16.
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 indikator unuk mengukur kualitas
penduduk dengan menggunakan ukuran Human Develovement Index (HDI)/ Indeks
Pembangunan Manusia (IPM). (Hots)
|
14
|
PG
|
|||
17. Peserta didik dapat mengidentifikasi penduduk Asia yang termasuk
golongan usia produktif.
|
15
|
PG
|
||||
18. Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang ada di wilayah
Amerika Selatan.
|
16
|
PG
|
||||
19. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi negara di
Amerika Selatan yang menggunakan bahasa Spanyol.
|
17
|
PG
|
||||
20. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi 5 suku bangsa
yang mendiami benua Eropa. (Hots)
|
18
|
PG
|
||||
21. Peserta didik dapat menyebutkan benua yang pertambahan penduduknya
lebih banyak karena migrasi.
|
19
|
PG
|
||||
22.
Peserta didik dapat
menjelaskan alasan penduduk bagian pedalaman benua lebih rendah tingkat
kepadatannya dibandingkan pesisir benua. (Hots)
|
20
|
PG
|
||||
23. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi wilayah yang
menggunakan salah satu kelompok bahasa di wilayah Afrika.
|
21
|
PG
|
||||
u Pengaruh Perubahan
Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya
|
24. Peserta didik dapat menjelaskan dampak interaksi desa dan kota di Asia
dan benua lainnya baik secara ekonomi, sosial, budaya, politik dan
pendidikan.
|
43
|
Essay
|
|||
25. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh interaksi keruangan
antara kota dan desa.
|
22
|
PG
|
||||
26. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh perubahan dan interaksi
ruang antar negara terhadap kehidupan sosial.
|
23
|
PG
|
||||
27. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh perubahan dan interaksi
ruang antar negara terhadap kehidupan budaya.
|
24
|
PG
|
||||
28. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh perubahan dan interaksi
ruang antar negara terhadap pendidikan.
|
25
|
PG
|
||||
3.2
Menganalisis
perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus
globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
|
u Perubahan Sosial
Budaya
|
29. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian dari Perubahan Sosial
menurut Soerjono Soekanto (2014).
|
26
|
PG
|
||
30. Peserta didik dapat menyebutkan contoh penyebab perubahan sosial budaya
karena perubahan lingkungan alam.
|
27
|
PG
|
||||
31. Peserta didik dapat menjelaskan istilah perubahan sosial yang cepat
tentang hal-hal yang mendasar dalam masyarakat.
|
28
|
PG
|
||||
32. Peserta didik dapat mengidentifikasi akibat adanya revolusi Inggris
(industri) terhadap berbagai bidang kehidupan bagi negaranya dan negara lain.
|
44
|
Essay
|
||||
33. Disajikan gambar hasil pembangunan, peserta didik dapat
mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya yang direncanakan .
|
29
|
PG
|
||||
34. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab
perubahan sosial budaya.
|
30
|
PG
|
||||
35.
Peserta didik dapat
menjelaskan istilah dari bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat
dari besarnya proporsi penduduk produktif. (Hots)
|
31
|
PG
|
||||
36. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh bentuk perubahan sosial
budaya akibat penemuan baru.
|
32
|
PG
|
||||
37. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi proses
pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial
budaya..
|
33
|
PG
|
||||
38. Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penghambat
terjadinya perubahan sosial budaya.
|
45
|
Essay
|
||||
39. Peserta didik dapat menyebutkan masyarakat di daerah banten yang memiliki
sikap tradisional dengan mengisolasi diri dari dunia modern.
|
34
|
PG
|
||||
40.
Peserta didik dapat
menyebutkan istilah pola prilaku bagi anggota masyarakat yang dilakukan
berulang-ulang untuk memenuhi kebutuhan pokok. (Hots)
|
35
|
PG
|
||||
u Globalisasi
|
41. Peserta didik dapat menjelaskan istilah dari Globalisasi
|
36
|
PG
|
|||
42. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri
yang menandai globalisasi ekonomi.
|
37
|
PG
|
||||
43. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mendorong terjadinya globalisasi
di bidang transportasi.
|
38
|
PG
|
||||
44. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak
positif dari globalisasi.
|
39
|
PG
|
||||
45. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif
dari adanya globalisasi
|
40
|
PG
|
No comments:
Post a Comment