KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MADRASAH TSANAWIYAH
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VIII / I (KURTILAS-REVISI
2017)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Jumlah Soal : 40 soal pilihan ganda dan 5 Soal Uraian
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Jenis Soal
|
1.
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Menelaah perubahan
keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang
diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan
lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, dan politik.
|
u Negara-negara
kawasan Asia Tenggara (ASEAN)
|
1.
Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara
di kawasan Asia Tenggara yang mempelopori berdirinya ASEAN.
|
1
|
PG
|
2.
Peserta didik dapat mengidentifikasi negara
anggota ASEAN yang tidak memiliki potensi sumber daya alam kemaritiman/laut.
|
2
|
PG
|
||||
3.
Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat
mengidentifikasi negara-negara yang masuk ke dalam wilayah semenanjung Asia
Tenggara.
|
3
|
PG
|
||||
4.
Disajikan sebuah peta Asia Tenggara, peserta didik
dapat menunjukan negara di Asia Tenggara yang tidak pernah mengalami
penjajahan oleh bangsa barat.
|
4
|
PG
|
||||
5.
Berdasarkan letak astronomis Asia Tenggara,
peserta didik dapat mengidentifikasi satu-satunya negara di kawasan Asia
Tenggara yang memiliki iklim subtropis.
|
5
|
PG
|
||||
6.
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang
berdirinya organisasi regional di kawasan Asia Tenggara.
|
41
|
Essay
|
||||
7.
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kerja sama antar
negara-negara di Asia Tenggara dalam bidang politik dan keamanan. (HOTS)
|
6
|
PG
|
||||
8.
Peserta didik dapat menyebutkan istilah
kesepakatan pasar tunggal di kawasan ASEAN dalam rangka memperluas area
perdagangan dan peningkatan kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN.
|
7
|
PG
|
||||
u Kondisi geografis kawasan ASEAN.
|
9.
Disajikan sebuah peta, Peserta didik dapat
menunjukan negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kekayaan minyak bumi
dan gas alam yang berlimpah dan memberikan sumbangan pendapatan terbesar bagi
negaranya.
|
8
|
PG
|
|||
10. Peserta didik dapat mengidentifikasi negara anggota ASEAN yang memiliki
garis pantai terpanjang di Asia Tenggara.
|
9
|
PG
|
||||
11. Disajikan sebuah tabel, Peserta didik dapat menentukan negara-negara
ASEAN yang memiliki bentuk pemerintahan kerajaan.
|
10
|
PG
|
||||
12. Peserta didik dapat mengidentifikasi negara di kawasan Asia Tenggara
yang belum masuk keanggotaan ASEAN secara resmi.
|
11
|
PG
|
||||
13. Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi batas- batas
wilayah kawasan Asia Tenggara.
|
12
|
PG
|
||||
14. Peserta didik dapat menyebutkan jenis pertanian yang banyak
dikembangkan di negara-negara ASEAN
|
13
|
PG
|
||||
15.
Peserta didik dapat
menyebutkan pulau terluar Indonesia yang di klaim oleh negara tetanggga di
kawasan Asia Tenggra, sehingga wilayah sengketa tersebut menjadi milik negara
lain berdasarkan putusan mahkamah internasional. (HOTS)
|
14
|
PG
|
||||
16.
Peserta didik dapat menjelaskan batas-batas
wilayah Asia Tenggara.
|
42
|
Essay
|
||||
u Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia.
|
17.
Diasjikan dalam
sebuah tabel, Peserta didik dapat menentukan sejumlah negarawan yang
memprakarsai berdirinya ASEAN (HOTS)
|
15
|
PG
|
|||
18.
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan yang terjadi dalam
kehidupan masyarakat di negara- negara ASEAN di bidang sosial. (HOTS)
|
16
|
PG
|
||||
19. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak/ pengaruh konversi lahan
pertanian menjadi lahan pemukiman yang marak di negara-negara anggota ASEAN.
|
17
|
PG
|
||||
20. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif dari pembangunan
prasarana transportasi di beberapa negara-negara anggota ASEAN.
|
18
|
PG
|
||||
21.
Peserta didik dapat
menganalisa definisi dari mobilitas sosial sesuai dengan contoh kisah singkat
yang disajikan. (HOTS)
|
19
|
PG
|
||||
22. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk mobilitas sosial karena adanya
peningkatan kedudukan seseorang dari status sosial yang rendah ke status
sosial yang lebih tinggi.
|
20
|
PG
|
||||
23. Peserta
didik dapat menjelaskan alasan mengapa zona asiatis diwilayah barat Indonesia
memiliki kesamaan jenis flora dan fauna dengan benua asia daratan. (HOTS)
|
43
|
Essay
|
||||
3.2 Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
u Mobilitas Sosial
|
24. Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk mobilitas sosial yang
terjadi di lapisan sosial yang sama.
|
21
|
PG
|
||
25. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi
faktor-faktor yang mendorong mobilitas sosial.
|
22
|
PG
|
||||
26. Peserta didik dapat memberikan contoh di kehidupan sosial masyarakat
atas terjadinya mobilitas sosial vertikal di saluran pendidikan.
|
23
|
PG
|
||||
27. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif dari keragaman suku
bangsa dan budaya di Indonesia.
|
24
|
PG
|
||||
28. Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik dapat menyebutkan contoh
mobilitas vertikal ke bawah (social sinking)
|
25
|
PG
|
||||
29. Disajikan tabel, peserta didik mengidentifikasi 7 unsur kebudayaan yang
dikemukakan Koentjaraningrat
|
26
|
PG
|
||||
30. Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif dan dampak negatif dari
terjadinya mobilitas sosial.
|
44
|
Essay
|
||||
31. Peserta didik dapat menyebutkan faktor penghambat terjadinya integrasi
sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.
|
27
|
PG
|
||||
u Pluralitas masyarakat Indonesia..
|
32. Peserta didik dapat menunjukan bentuk toleransi dalam kehidupan
masyarakat dalam menyikapi perbedaan keyakinan agama.
|
28
|
PG
|
|||
33. Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga jenis wujud budaya menurut
sosiolog J.J. Hoenigman.
|
29
|
PG
|
||||
34. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
perbedaan budaya masyarakat Indonesia.
|
30
|
PG
|
||||
35. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai suku
bangsa yang ada di Sumatera Barat.
|
31
|
PG
|
||||
36. Peserta didik dapat menyebutkan istilah tarian yang populer di daerah
wisata domestik dan internasional pulau Bali.
|
32
|
PG
|
||||
37. Peserta didik dapat mengidentifikasi peran dan fungsi keragaman budaya
dalam pembangunan nasional.
|
33
|
PG
|
||||
38.
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya konflik sosial. (HOTS)
|
34
|
PG
|
||||
39. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi cepat
atau lambatnya proses integrasi sosial.
|
35
|
PG
|
||||
u Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial.
|
40. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi perbedaan
budaya masyarakat di Indonesia.
|
36
|
PG
|
|||
41. Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk pengembangan kebudayaan
nasional yang dilakukan masyarakat pada saat ini.
|
37
|
PG
|
||||
42. Peserta didik dapat menjelaskan 5 cara individu atau kelompok dalam
menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di lingkungan sosial masyrakat.
|
45
|
Essay
|
||||
43. Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk toleransi antar umat
beragama yang dilakukan masyarakat Indonesia.
|
38
|
PG
|
||||
44. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis tarian
khas yang berasal dari daerah Aceh.
|
39
|
PG
|
||||
45. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk integrasi sosial dengan
cara paksaan.
|
40
|
PG
|
No comments:
Post a Comment