Monday 24 September 2018

KISI-KISI PAS IPS KLS 8 TERBARU MTS


KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MADRASAH TSANAWIYAH

Mata Pelajaran    :  IPS

Kelas / Semester   :  VIII / I (KURTILAS-REVISI 2017)

Tahun Pelajaran   :  2018/2019
Jumlah Soal     :  40 soal pilihan ganda dan 5 Soal Uraian 

No
Kompetensi Inti
Kompetensi dasar
Materi
Indikator
No. Soal
Jenis Soal
1.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
u  Negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN)

1.         Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang mempelopori berdirinya ASEAN.
1
PG
2.         Peserta didik dapat mengidentifikasi negara anggota ASEAN yang tidak memiliki potensi sumber daya alam kemaritiman/laut.
2
PG
3.         Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang masuk ke dalam wilayah semenanjung Asia Tenggara.
3
PG
4.         Disajikan sebuah peta Asia Tenggara, peserta didik dapat menunjukan negara di Asia Tenggara yang tidak pernah mengalami penjajahan oleh bangsa barat.
4
PG
5.         Berdasarkan letak astronomis Asia Tenggara, peserta didik dapat mengidentifikasi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki iklim subtropis.
5
PG
6.         Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang berdirinya organisasi regional di kawasan Asia Tenggara.
41
Essay
7.         Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kerja sama antar negara-negara di Asia Tenggara dalam bidang politik dan keamanan. (HOTS)
6
PG
8.         Peserta didik dapat menyebutkan istilah kesepakatan pasar tunggal di kawasan ASEAN dalam rangka memperluas area perdagangan dan peningkatan kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN.
7
PG
u  Kondisi geografis kawasan ASEAN.
9.         Disajikan sebuah peta, Peserta didik dapat menunjukan negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kekayaan minyak bumi dan gas alam yang berlimpah dan memberikan sumbangan pendapatan terbesar bagi negaranya.
8
PG
10.     Peserta didik dapat mengidentifikasi negara anggota ASEAN yang memiliki garis pantai terpanjang di Asia Tenggara.
9
PG
11.     Disajikan sebuah tabel, Peserta didik dapat menentukan negara-negara ASEAN yang memiliki bentuk pemerintahan kerajaan.
10
PG
12.     Peserta didik dapat mengidentifikasi negara di kawasan Asia Tenggara yang belum masuk keanggotaan ASEAN secara resmi.

11
PG
13.     Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi batas- batas wilayah kawasan Asia Tenggara.
12
PG
14.     Peserta didik dapat menyebutkan jenis pertanian yang banyak dikembangkan di negara-negara ASEAN
13
PG
15.     Peserta didik dapat menyebutkan pulau terluar Indonesia yang di klaim oleh negara tetanggga di kawasan Asia Tenggra, sehingga wilayah sengketa tersebut menjadi milik negara lain berdasarkan putusan mahkamah internasional. (HOTS)
14
PG
16.     Peserta didik dapat menjelaskan batas-batas wilayah Asia Tenggara.
42
Essay
u  Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia.
17.     Diasjikan dalam sebuah tabel, Peserta didik dapat menentukan sejumlah negarawan yang memprakarsai berdirinya ASEAN (HOTS)
15
PG
18.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara- negara ASEAN di bidang sosial. (HOTS)
16
PG
19.     Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak/ pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman yang marak di negara-negara anggota ASEAN.
17
PG
20.     Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif dari pembangunan prasarana transportasi di beberapa negara-negara anggota ASEAN.



18
PG
21.     Peserta didik dapat menganalisa definisi dari mobilitas sosial sesuai dengan contoh kisah singkat yang disajikan. (HOTS)
19
PG
22.     Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk mobilitas sosial karena adanya peningkatan kedudukan seseorang dari status sosial yang rendah ke status sosial yang lebih tinggi.
20
PG
23.     Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa zona asiatis diwilayah barat Indonesia memiliki kesamaan jenis flora dan fauna dengan benua asia daratan. (HOTS)
43
Essay
3.2  Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
u  Mobilitas Sosial
24.     Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk mobilitas sosial yang terjadi di lapisan sosial yang sama.
21
PG
25.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong mobilitas sosial.
22
PG
26.     Peserta didik dapat memberikan contoh di kehidupan sosial masyarakat atas terjadinya mobilitas sosial vertikal di saluran pendidikan.
23
PG
27.     Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif dari keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
24
PG
28.     Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik dapat menyebutkan contoh mobilitas vertikal ke bawah (social sinking)
25
PG
29.     Disajikan tabel, peserta didik mengidentifikasi 7 unsur kebudayaan yang dikemukakan Koentjaraningrat


26
PG
30.     Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif dan dampak negatif dari terjadinya mobilitas sosial.
44
Essay
31.     Peserta didik dapat menyebutkan faktor penghambat terjadinya integrasi sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.
27
PG
u  Pluralitas masyarakat Indonesia..
32.     Peserta didik dapat menunjukan bentuk toleransi dalam kehidupan masyarakat dalam menyikapi perbedaan keyakinan agama.
28
PG
33.     Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga jenis wujud budaya menurut sosiolog J.J. Hoenigman.
29
PG
34.     Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan budaya masyarakat Indonesia.
30
PG
35.     Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai suku bangsa yang ada di Sumatera Barat.
31
PG
36.     Peserta didik dapat menyebutkan istilah tarian yang populer di daerah wisata domestik dan internasional pulau Bali.
32
PG
37.     Peserta didik dapat mengidentifikasi peran dan fungsi keragaman budaya dalam pembangunan nasional.
33
PG
38.     Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya konflik sosial. (HOTS)
34
PG
39.     Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi sosial.
35
PG
u  Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial.
40.     Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi perbedaan budaya masyarakat di Indonesia.
36
PG
41.     Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk pengembangan kebudayaan nasional yang dilakukan masyarakat pada saat ini.
37
PG
42.     Peserta didik dapat menjelaskan 5 cara individu atau kelompok dalam menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di lingkungan sosial masyrakat.
45
Essay
43.     Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk toleransi antar umat beragama yang dilakukan masyarakat Indonesia.
38
PG
44.     Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis tarian khas yang berasal dari daerah Aceh.
39
PG
45.     Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk integrasi sosial dengan cara paksaan.
40
PG

No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...