SILABUS
Satuan Pendidikan : SMP N 1 Sukadana
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 1 dan 2
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1
Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1. Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan untuk (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan
terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya.
Masing-masing diajarkan secara terpisah
· Fungsi
sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a. Good
morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b. Goodbye.
Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c. Thank
you. You are welcome.,
dan semacamnya
d. I’m
sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
·
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata dan tata bahasa baku
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
· Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku santun dan peduli.
|
Masing-masing menggunakan prosedur yang sama
Mengamati
· Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan
guru dan warga sekolah lain (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan
terimakasih, (d) meminta maaf serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa
Indonesia, dan bahasa lain, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan
ungkapan yang sesuai dengan konteksnya (keteladanan).
· Mencontoh keteladanan tersebut dengan (a)
menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf
serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, untuk menjaga hubungan interpersonal
dan sesuai dengan konteksnya.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara
ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima
kasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Mendengarkan
dan menyaksikan banyak contoh interaksi (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan
terimakasih, dan (d) permintaan maaf serta responnya dalam bahasa Inggris
dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Menirukan contoh-contoh interaksi (a) sapaan, (b)
pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya
dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang
benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan
(d) permintaan maaf, serta responnya.
·
Secara kolaboratif,
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya, dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan berbagai ungkapan (a) sapaan, (b)
pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf serta responnya yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan,
(c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul
kesempatan untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih,
dan (d) meminta maaf, serta responnya di dalam dan di luar kelas, untuk
menjaga hubungan interpersonal dan sesuai dengan konteksnya.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan
terimakasih, dan (d) meminta maaf, serta responnya, dan menuliskannya dalam
jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.2
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan
diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon
perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks lisan dan tulis
sederhana untuk perkenalan diri serta responnya
· Fungsi
sosial
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan
teman
·
Struktur teks
Myname is ..., I’m ..., I live
in ... , What’s your name?, Where do you live?, Nice to meet you, How do you do, ... dan
semacamnya.
·
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata
(2) Tata bahasa: be,
have; kata ganti I, he, she, they,
dst.; kata ganti kepunyaan my, your,
his, their, dst.
(3) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
· Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab.
|
Mengamati
· Melihat, mendengar, dan menyaksikan guru
memperkenalkan dirinya dalam bahasa Inggris secara benar sesuai kenyataan,
untuk dapat dikenal siswa secara lebih dekat.
· Guru mengulanginya berkali-kali, dan secara
interaktif mengajak peserta didik untuk mengamati secara jelas, kalimat demi
kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam perkenalan diri.
· Menirukan guru mengatakan setiap kalimat.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara
ungkapan perkenalan diri dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengumpulkan Informasi
· Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh
interaksi perkenalan diri dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks,
dsb.
· Mengikuti dan menirukan contoh-contoh interaksi
perkenalan diri dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi perkenalan diri.
·
Secara kolaboratif,
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri dalam konteks
pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan ungkapan perkenalan diri yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan antara ungkapan perkenalan diri
yang telah dipelajari tersebut di atas
dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam
bahasa lain.
· Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Menggunakan bahasa Inggris untuk saling
memperkenalkan diri agar saling mengenal secara lebih dekat.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.3
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun.
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama
hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (f) tahun
Masing-masing diajarkan secara terpisah
· Fungsi
sosial
Menyadari pentingnya (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari,
(d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun untuk mengelola
kehidupan manusia.
·
Struktur teks
a.
What day is it today? It’s Monday today.It is
Tuesday tomorrow. When do we have English?, dan semacamnya.
b.
What month is it?What month is before July?After
March is April. I was born in January, dan semacamnya
c.
in themorning, at noon, in the afternoon, in the
evening, at night, at midnight
d.
What time is it? What time do we have English on
Tuesday? one to thirty, half past eight, a quarter to five, dan seterusnya
e.
What date is it?What date is the Kartini Day?When
were you born? the first, the second, the third, the fourth, the fifth, the
twenty first dan seterusnya
f.
What year is it? When were you born? Nineteen
ninety eight. Two thousand and three. dan semacamnya.
· Unsur kebahasaan
(1)
Kosa
kata terkait hari, bulan, waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun
(2)
Kata
kerja dalam simple present tense: be,
have.
(3)
Kata
tanya What time? What date?, When?
(4)
Kata
ganti it dan artikel the.
(5)
Angka
kardinal dan angka ordinal
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi,
(7)
Ejaan
dan tanda baca
(8)
Tulisan
tangan
Topik
Hari, tanggal, jam, bulan, tahun, dsb., yang penting dan relevan dengan
kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, dan kerja sama.
|
Masing-masing menggunakan prosedur yang sama
Mengamati
· Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan
guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam
bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun, dalam bahasa Inggris, tentang berbagai kegiatan dan keadaan nyata.
· Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut
dengan menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari,
(b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (e) tahun, dalam bahasa Inggris.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara
menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam
hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun, dalam bahasa
Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Mendengarkan
dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam
bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam
bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam
bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
·
Secara kolaboratif,
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari,
(b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (e) tahun dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
(a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari,
(d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
(a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari,
(d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul
kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan (a) nama
hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (e) tahun, tentang berbagai kegiatan dan
keadaan, di dalam dan di luar kelas.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam
bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.4
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4 Menangkap
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis
untuk pemaparan jati diri
· Fungsi sosial
Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling mengenal dan menjalin
hubungan antar pribadi dengan teman dan guru.
·
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.
My name is Arif, a-r-i-f. My father
is Mr. Zainal. How do you spell
your name?Who is she? I have two sisters, Siska and Muti.Is she your friend?
dan semacamnya.
b.
My dad is a nurse? He helps the doctors. His
father is a gardener. She is the janitor, and she cleans the classrooms.,dan semacamnya.
· Unsur kebahasaan
(1)
Nama
status hubungan keluarga, kekerabatan, teman, tetangga
(2)
Nama
profesi pekerjaan.
(3)
Kata
tanya Who? Which? How?
(4)
Article
a, an, the..
(5)
Kata
kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple
present tense: be, have, work, live,
dan sebagainya.
(6)
Penyebutan
kata benda singular dan plural (-s),
dan children
(7)
Ucapan,
tekanan kata, Intonasi
(8)
Ejaan
dan tanda baca
(9)
Tulisan
tangan.
· Topik
Diri sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang
terdekat lainnya, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, dan kerja sama.
|
Mengamati
· Melihat, mendengar, dan dan menyaksikan guru memaparkan jati diri
dalam bahasa Inggris secara benar sesuai kenyataan, untuk dapat dikenal siswa
secara lebih dekat, dalam maksimal 6 kalimat.
· Guru mengulanginya berkali-kali, dan secara
interaktif mengajak peserta didik untuk mengamati secara jelas, kalimat demi
kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam pemaparan jati
diri.
· Menirukan guru mengatakan setiap kalimat.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara
lain tentang perbedaan antara ungkapan pemaparan jati diri dalam bahasa
Inggris dan dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain,
dsb.
Mengumpulkan Informasi
· Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh
interaksi pemaparan jati dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks,
dsb.
· Mengikuti dan menirukan contoh-contoh interaksi
pemaparan jati diri dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang
benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
interaksi pemaparan jati diri.
·
Secara kolaboratif,
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam konteks
pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan ungkapan untuk pemaparan diri yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan antara ungkapan untuk pemaparan
diri yang telah dipelajari tersebut di
atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam
bahasa lain.
· Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Menggunakan bahasa Inggris untuk saling
memaparkan jati diri agar saling mengenal secara lebih dekat.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
memaparkan jati diri dalam bahasa Inggris dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.5
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.6 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda,
dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
siswa sehari-hari
· Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi benda, binatang, bangunan umum.
· Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.
It’s my cricket. They are my cats. There are many
fireflies in the farm., What is it? How many cows do you have?
b.
Are they your toys? Which one is your book? What
is in your pocket? Who has a red pen?
c.
The hospital is near the post office. The police
station is in the corner. dan semacamnya.
· Unsur kebahasaan
(1)
Nama
binatang di lingkungan rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches,
mosquitoes, dll.
(2)
Nama
benda di lingkungan rumah dan sekolah: table,
pillow, toy, mug, book shelf, pen, bag, dll.
(3)
Nama
bangunan umum: the post office, the
bank, the hospital, dll.
(4)
Kata
tanya What?Which one? How many?
(5)
Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(6)
Kata
ganti it, they, this, that, those, these.
(7)
Ungkapan
There is/are..., Are there ...?
(8)
Kata
kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple
present tense: be, have, go, play,get,
take, dan sebagainya.
(9)
Ucapan,
tekanan kata, Intonasi
(10)
Ejaan
dan tanda baca
(11)
Tulisan
tangan.
· Topik
Benda, binatang, bangunan umum yang terdapat di lingkungan siswa, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
bertanggung jawab, dan kerja sama.
|
Mengamati
· Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan
guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik, dalam bahasa Inggris (keteladanan).
· Mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam
bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Mendengarkan
dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan
nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris
dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Menirukan contoh-contoh interaksi dengan
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik.
·
Secara kolaboratif,
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang telah dikumpulkan
dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul
kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik, di dalam dan di luar kelas.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik dan menuliskannya dalam jurnal belajar
sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.6
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.7 Menyusun
teks tulis label nama (label) dan
daftar barang (list), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks tulis label nama (label)
dan daftar barang (list)
Masing-masing diajarkan secara terpisah
· Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi, menginventarisasi.
· Struktur text
a.
Nama
benda di lingkungan rumah dan sekolah, dengan atau tanpa artikel.
b.
Daftar
nama benda dalam rumpun yang sama, dengan atau tanpa jumlah.
· Unsur kebahasaan
(1)
Artikel
a, kata benda plural
(2)
angka
kardinal, 1 s.d. 100, one, two, three,
… one hundred
(3)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(4)
Ejaan
dan tanda baca
(5)
Tulisan
tangan
· Topik
Benda-benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan
memberikan keteladanan tentang
perilaku jujur, disiplin, peduli, kerjasama.
· Multimedia:
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
|
Masing-masing menggunakan prosedur yang sama
Mengamati
· Mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan
sekitarnya di mana terdapat (a) label nama atau perlu diberi label nama dan
(b) daftar barang, termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika
memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
· Mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan
benda di mana terdapat (a) label nama dan (b) daftar barang, dari berbagai
sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
· Memberikan komentar dan pandangannya tentang
fungsi (a) label nama dan (b) daftar barang, ketepatan unsur kebahasaannya,
format, tampilan, dsb.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara (a) label nama dan
(b) daftar barang, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Membaca
rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari (a) label nama dan (b)
daftar barang.
· Mempelajari secara lebih cermat semua (a) label
nama dan (b) daftar barang yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto
tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
· Secara kolaboratif meniru contoh-contoh yang ada
untuk membuat (a) label nama dan (b) daftar barang untuk fungsi nyata di
kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari berbagai (a) label nama dan (b) daftar barang yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan dan persamaan dalam hal fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai (a) label nama dan
(b) daftar yang telah dipelajari
tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan
yang digunakan dalam bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Membuat lebih banyak (a) label nama dan (b)
daftar barang dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas,
sekolah, dan rumah.
· berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
membuat (a) label nama dan (b) daftar barang dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.7
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk
menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.8 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang,
dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang,
binatang, dan benda
· Fungsi sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela, mengagumi
· Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak
perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.
The baby is cute. I’m tired. Her sister is
friendly. The children are very strong and healthy. What is
he like?, dan semacamnya.
b.
Fire is hot. Ice is cold.My school is very clean.
The classrooms are big. The school yard is wide and green. How is
your school?, dan semacamnya.
c.
The horse is very strong. Cows are big. Chicks
are cute. A cokroach is brown., dan semacamnya.
· Unsur kebahasaan
(1)
Kata
sifat terkait fisik, mental, psikologis
(2)
Kata tanya What
... look like? How?
(3)
Nama
benda-benda dan hewan yang sangat lazim di rumah, kelas, sekolah, dan sekitarnya.
(4)
Adverbia:
very
(5)
Kata
ganti it, they, this, that, those,
these.
(6)
Kata
kerja dalam simple present tense: be,
have.
(7)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi,
(8)
Ejaan
dan tanda baca
(9)
Tulisan
tangan.
· Topik
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri,
bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama.
|
Mengamati
· Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan
guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang,
benda, dalam bahasa Inggris dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosialnya.
· Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut
dengan menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, dalam bahasa
Inggris yang dipilih sesuai fungsi sosialnya.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara
menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Mendengarkan
dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan
sifat orang, binatang, benda dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku
teks, dsb.
· Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyebutkan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda dalam bahasa Inggris dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang,
benda.
·
Secara kolaboratif,
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
sifat orang, binatang, benda yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
sifat orang, binatang, benda yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul
kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, di
dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dipilih sesuai fungsi
sosialnya.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan sifat orang,
binatang, benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa
Indonesia.
|
3.8
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan
dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah
laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah
laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda
· Fungsi sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela, mengagumi
· Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak
perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.
We exercise in the morning. We don’t say bad words.
He doesn’t like noodles. What do you do in the afternoon? dan
semacamnya.
b.
Where does the dog poo? My cat sleeps on the
sofa. Tigers don’t sleep at night. Monkeys live on trees., dan semacamnya.
c.
This story makes her cry. His toy train moves on
the track. My TV doesn’t work. The movie plays at 4 pm., dan semacamnya.
· Unsur kebahasaan
(1)
Kata
tanya dan pernyataan negatif What do
...? Do you ...? Does he ...? He doesn’t ... They don’t ...
(2)
Penyebutan
kata kerja yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense untuk
menyatakan kebiasaan, tanpa dan dengan –s.
(3)
Preposisi:
in, at, on untuk
menunjukkan tempat
(4)
Preposisi
in, at, on untuk
menunjukkan waktu
(5)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi,
(6)
Ejaan
dan tanda baca
(7)
Tulisan
tangan.
· Topik
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri,
bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama.
|
Mengamati
· Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan
guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang, binatang, benda, dalam bahasa Inggris, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
· Mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyebutkan
dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, dalam
bahasa Inggris.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara
menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang,
benda, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Mendengarkan
dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan
tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda dalam bahasa Inggris
dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Menirukan contoh-contoh interaksi dengan
menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang,
benda dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi
orang, binatang, benda.
·
Secara kolaboratif, berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang,
benda dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda yang telah dikumpulkan
dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan
tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul
kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi
orang, binatang, benda, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan
yang sesuai fungsi sosialnya.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang, binatang, benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar
sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.9
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning /caution), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.10 Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana
4.11 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
Teks (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis
Masing-masing diajarkan secara terpisah
· Fungsi sosial
Menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
· Struktur teks
Menyebutkan tujuan dan informasi rinci dari:
a.
Instruksi:
Read the report carefully. No students
should be late. Always come on time. Shake well before use.
b.
Rambu
(short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door
closed at all times. Do not enter. An email has been received. No mobile
phones in the library.
c. Peringatan (warning/caution):
Caution - Very hot water. Danger, 240
volts. Slippery when wet. Warning – Dangerous chemicals.
· Unsur kebahasaan
(1)
Kata
dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam instruksi, rambu, dan peringatan
dari sumber-sumber otentik
(2)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(3)
Ejaan
dan tanda baca
(4)
Tulisan
tangan
· Topik
Tindakan di sekolah dan di rumah
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri,
bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama.
· Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik
|
Masing-masing menggunakan prosedur yang sama
Mengamati
· Mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan
sekitarnya di mana terdapat (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution),
termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap
yang dilihat tersebut.
· Mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan
benda di mana terdapat (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution), dari berbagai sumber termasuk
internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
· Memberikan komentar dan pandangannya tentang
fungsi (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution), ketepatan unsur
kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution), dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Membaca
rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution).
· Membaca secara lebih cermat semua (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto
tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
· Secara kolaboratif meniru contoh-contoh yang ada
untuk membuat (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution) untuk fungsi nyata di kelas,
sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari berbagai (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari berbagai (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) yang
telah dipelajari tersebut di atas
dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam
bahasa lain.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan
· membuat lebih banyak (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas,
sekolah, dan rumah.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
membuat (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution) dan menuliskannya dalam
jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.10
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan
benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana.
4.13 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks.
|
Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan
benda
· Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.
· Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.
Menyebutkan
nama orang, binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk
dideskripsikan
b.
Menyebutkan
sifat orang, binatang, benda dan bagiannya, dan
c.
Menyebutkan
tindakan dari atau terkait dengan orang, binatang, benda yang semuanya sesuai
dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Panjang teks: kurang lebih 3 (tiga) kalimat.
· Unsur kebahasaan
(1)
Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2)
Kata
ganti it, they, she, we, dst.; our, my, your, their, dst.
(3)
Kata
sifat yang sangat lazim, young, old,
clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dll.
(4)
Kata
kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense:
be, have, go, play,get, take, dll.
(5)
Penggunaan nominal singular
dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa
nominal
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(7)
Ejaan
dan tanda baca
(8)
Tulisan
tangan
Topik
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri,
bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama.
|
Mengamati
· Menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa
teks deskriptif tentang orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan
sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca
dengan benar.
· Membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk
memahami isi pesannya.
· Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi fungsi
sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci),
dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi
· Secara kolaboratif, mencari dan mengumpulan beberapa
teks deskriptif tentang orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan
sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah,
buku teks, dsb.
·
Membaca
rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang orang,
binatang, dan benda.
· Membaca semua teks deskriptif tentang orang,
binatang, dan benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan
cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama orang, binatang, benda yang dideskripsikan
- sifat orang, binatang, benda yang dideskripsikan
- tindakan orang, binatang, benda yang
dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
ejaan, tanda baca yang digunakan
· Secara kolaboratif meniru contoh-contoh yang ada
untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang orang,
binatang, dan benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan fungsi sosial, struktur teks
(termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari
beberapa teks deskriptif tentang orang, binatang, benda yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengomunikasikan
· Membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek
dan sederhana tentang orang, binatang, benda yang ada dalam kehidupan siswa
di rumah, kelas, sekolah, dan sekitarnya dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
· Menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah
dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain
membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya
jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
· Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
membuat teks deskriptif tentang orang, binatang, benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar
sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
3.11
Memahami
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.14 Menangkap makna lagu.
|
Teks lagu pendek dan sederhana
· Fungsi sosial
Memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
· Unsur kebahasaan
(1)
Kata,
ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(3)
Ejaan
dan tanda baca.
(4)
Tulisan
tangan
· Topik
Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi untuk berperilaku
peduli dan cinta damai.
|
Mengamati
· Menyalin dengan tulisan tangan beberapa lagu
berbahasa Inggris sangat sederhana yang memberikan keteladanan atau
menginspirasi di dalam buku koleksi lagunya.
· Berusaha memahami isi pesan lagu dengan menguasai
unsur kebahasaan di dalamnya.
· Hanya jika memungkinkan semuanya, siswa
menyanyikan lagu-lagu tersebut.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, menanyakan dan mempertanyakan isi pesan dan unsur kebahasaan yang
digunakan.
Mengumpulkan Informasi
· Membaca (dan jika memungkinkan, mendengarkan)
salah satu lagu yang telah disalin.
· Menirukan membaca nyaring (dan jika memungkinkan,
menyanyikan) lagu tsb.
· Dengan bimbingan dan arahan guru,
mengidentifikasi ciri-ciri (isi pesan dan unsur kebahasaan) lagu tsb.
· Menuliskan pendapat dan perasaannya tentang isi
lagu tsb. dalam buku koleksi lagunya.
Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan isi pesan dan unsur kebahasaan yang
terdapat dalam beberapa lagu dalam buku koleksi lagunya tersebut di atas atau
dengan lagu-lagu lain.
· Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang pendapat dan perasaanya
tentang lagu-lagu tersebut.
Mengomunikasikan
· Membacakan dan melaporkan analisisnya tentang
satu lagu lain pilihan sendiri dalam kerja kelompok, dengan cara menyebutkan
isi pesan serta pendapat dan perasaannya tentang lagu tersebut.
· Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang
jelas dan rapi.
· Membicarakan permasalahan yang dialami dalam
memahami isi lagu dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam
bahasa Indonesia.
|
No comments:
Post a Comment