Tuesday 25 September 2018

SILABUS PRAKARYA PENGOLAHAN KELAS 8 KURTILAS REV 2017


Aspek                                        : Pengolahan
Satuan Pendidikan           : SMP/MTs

Kelas                                         : VIII (delapan)


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1     Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.

4.1  Membuat olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat























Pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan, meliputi:
1.   Pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian makanan

2.   Karakteristik (jenis, manfaat, kandungan) bahan pangan serealia dan umbi

3.   Teknik pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan

4.   Prosedur/tahap pembuatan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan sesuai yang ada di wilayah setempat

5.   Penyajian dan kemasan bahan pangan serealia dan umbi







Mengamati
·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan agar terbangun rasa ingin tahu
·   Melakukan kegiatan observasi ke tempat pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan tentang bahan, alat, dan teknik pembuatan produk agar terbiasa bersikap santun, terbangun rasa bangga/cinta tanah air dan rasa syukur pada Tuhan.

Menanya
·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan yang diperoleh dari kajian literatur dan observasi agar terbangun sikap kerjasama dan toleransi.

Mengumpulkan Informasi
·       Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan agar terbangun sikap teliti, jujur, mandiri dan tanggung jawab. 

Mengasosiasi
·   Menyimpulkan dari hasil analisis pengamatan/kajian literatur tentang pengertian minuman segar, jenis, manfaat dan kandungan aneka buah dan sayuran, serta aneka produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
·   Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar/tertulis untuk kegiatan pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
·   Membuat dan menyajikan produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan bahan, alat, teknik dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.

Mengkomunikasikan
·        Mempresentasikan hasil kajian literatur dan observasi pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan untuk mengetahui pemahaman secara konseptual
·   Mengevaluasi/menguji hasil produk pengolahan makanan yang dibuat dari bahan pangan serealia dan umbi untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
·   Mempresentasikan rancangan gagasan, dan pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan, serta penyajian dan pengemasannya berdasarkan konsep dan prosedur berkarya, juga untuk memperlihatkan kejujuran, mandiri, dan tanggung jawab dalam berkarya.

3.2     Memahami manfaat dan proses pembuatan,  penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.

4.2     Membuat olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat



















Pengolahan pangan seralia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi, meliputi:
1.  Pengertian bahan pangan serelia dan umbi, serta pengertian bahan pangan setengah jadi

2.  Karakteristik (jenis, manfaat, kandungan) bahan pangan setengah jadi

3.  Teknik pengolahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi

4.  Prosedur/tahap pembuatan bahan pangan serelia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi sesuai yang ada di wilayah setempat

5.  Penyajian dan kemasan bahan pangan setengah jadi dari serelia dan umbi
Mengamati
·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi agar terbangun rasa ingin tahu
·   Melakukan kegiatan observasi ke tempat pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi tentang bahan, alat, teknik produk agar terbiasa bersikap santun, terbangun rasa bangga/cinta tanah air dan rasa syukur pada Tuhan.

Menanya
·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi yang diperoleh dari kajian literatur dan observasi agar terbangun sikap kerjasama dan toleransi.

Mengumpulkan Informasi
·   Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi agar terbangun sikap teliti, jujur, mandiri dan tanggung jawab.

Mengasosiasi
·  Menyimpulkan dari hasil analisis pengamatan/kajian literatur tentang pengertian bahan pangan setengah jadi, jenis, manfaat dan kandungan pada pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar/tertulis untuk kegiatan pembuatan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
·    Membuat dan menyajikan produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan bahan, alat, teknik dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi  yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.

Mengkomunikasikan
·        Mempresentasikan hasil kajian literatur dan observasi pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi untuk mengetahui pemahaman secara konseptual
·    Mengevaluasi/menguji hasil produk pengolahan bahan pangan setengah jadi yang dibuat dari bahan pangan serealia dan umbi untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
·   Mempresentasikan rancangan gagasan, pembuatan olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi, serta penyajian dan pengemasannya berdasarkan konsep dan prosedur berkarya, juga untuk memperlihatkan kejujuran, mandiri, dan tanggung jawab dalam berkarya.

3.3 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi menjadi makanan  berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.

4.3 Membuat olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi menjadi makanan  sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat









Pengolahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan, meliputi:
1.  Pengertian bahan pangan serelia dan umbi, serta pengertian makanan

2.  Karakteristik (jenis, manfaat, kandungan) bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi

3.  Teknik pengolahan makanan dari bahan pangan setengah jadi serelia dan umbi

4.    Prosedur/tahap pembuatan makanan dari bahan pangan setengah jadi serelia dan umbi sesuai yang ada di wilayah setempat

5.    Penyajian dan kemasan makanan dari bahan pangan serelia dan umbi
Mengamati
·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan produk olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan  agar terbangun rasa ingin tahu
·   Melakukan kegiatan observasi ke tempat pembuatan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan tentang bahan, alat, teknik produk agar terbiasa bersikap santun, terbangun rasa bangga/cinta tanah air dan rasa syukur pada Tuhan.

Menanya
·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan yang diperoleh dari kajian literatur dan observasi agar terbangun sikap kerjasama dan toleransi.

Mengumpulkan Informasi
·   Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat pembuatan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan agar terbangun sikap teliti, jujur, mandiri dan tanggung jawab.

Mengasosiasi
·    Menyimpulkan dari hasil analisis pengamatan/kajian literatur tentang pengertian makanan pangan serealia dan umbi, jenis, manfaat dan kandungan  pada bahan pangan seralia dan umbi yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar/tertulis untuk kegiatan pembuatan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi  menjadi makanan berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
·    Membuat dan menyajikan produk olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi  menjadi makanan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
·    Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan bahan, alat, teknik dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi  menjadi makanan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.

Mengkomunikasikan
·        Mempresentasikan hasil kajian literatur dan observasi pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi menjadi makanan  untuk mengetahui pemahaman secara konseptual
·    Mengevaluasi/menguji hasil produk pengolahan makanan yang dibuat dari bahan pangan setengah jadi bahan seralia dan umbi  untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
·   Mempresentasikan rancangan gagasan, pembuatan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi menjadi makanan, serta penyajian dan pengemasannya berdasarkan konsep dan prosedur berkarya, juga untuk memperlihatkan kejujuran, mandiri, dan tanggung jawab dalam berkarya.
3.4     Memahami manfaat dan proses olahan dari hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat

4.4     Membuat olahan dari  hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat










Pengolahan dari hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan, meliputi:
1.   Pengertian hasil samping non pangan

2.   Berbagai jenis hasil samping bahan pangan serealia dan umbi yang banyak terdapat di wilayah setempat maupun lainnya

3.   Fungsi, bentuk dan teknik pengolahan hasil samping dari bahan pangan serealia dan umbi menjadi produk nonpangan

4.   Prosedur/tahap pengolahan hasil samping dari bahan pangan serealia dan umbi menjadi produk nonpangan yang ada di wilayah setempat

5.   Penyajian dan kemasan produk nonpangan dari hasil samping bahan pangan serealia dan umbi.
Mengamati
·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan produk olahan dari hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan  agar terbangun rasa ingin tahu
·   Melakukan kegiatan observasi ke tempat pembuatan olahan dari hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan tentang bahan, alat, teknik produk agar terbiasa bersikap santun, terbangun rasa bangga/cinta tanah air dan rasa syukur pada Tuhan.

Menanya
·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan olahan dari hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan yang diperoleh dari kajian literatur dan observasi agar terbangun sikap kerjasama dan toleransi.

Mengumpulkan Informasi
·   Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat pembuatan olahan dari hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan agar terbangun sikap teliti, jujur, mandiri dan tanggung jawab.

Mengasosiasi
·    Menyimpulkan dari hasil analisis pengamatan/kajian literatur tentang pengertian hasil samping bahan pangan serealia dan umbi, jenis dan fungsi pengolahan hasil samping serealia dan umbi yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar/tertulis untuk kegiatan pengolahan hasil samping serealia dan umbi menjadi produk nonpangan berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
·    Membuat dan menyajikan produk olahan nonpangan dari hasil samping serealia dan umbi dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan bahan, alat, teknik dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan nonpangan dari hasil samping serealia dan umbi yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.

Mengkomunikasikan
·        Mempresentasikan hasil kajian literatur dan observasi pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk pengolahan nonpangan dari hasil samping serealia dan umbi untuk mengetahui pemahaman secara konseptual
·    Mengevaluasi/menguji hasil produk pengolahan nonpangan dari hasil samping serealia dan umbi untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
·   Mempresentasikan rancangan gagasan, pembuatan olahan nonpangan dari hasil samping serealia dan umbi, serta penyajian dan pengemasannya berdasarkan konsep dan prosedur berkarya, juga untuk memperlihatkan kejujuran, mandiri, dan tanggung jawab dalam berkarya.



No comments:

Post a Comment

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TP 2018/2019

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) TP 201 8 /201 9 SatuanPendidikan                     : Madrasah Tsanawiyah               ...